Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang

 

Kementerian Pertanian menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2023 dengan tema “Memperkuat Sektor Pertanian Sebagai Pengendali Inflasi dalam Menghadapi Krisis Pangan Dunia”. Rakernas dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI Prof. Dr. (HC.) K. H. Ma’ruf Amin di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu, (25/01/2023).
 
Acara ini berlangsung secara hybrid dan diikuti oleh 2800 peserta, terdiri dari seluruh pejabat eselon I, II dan seluruh UPT lingkup Kementerian Pertanian, serta Kepala Dinas Pertanian Provinsi/Kabupaten/Kota se-Indonesia. Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Pertanian Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.H., M.Si., perwakilan dari Kementerian Perekonomian, Kementerian Keuangan, dan Bappenas.
 
Sumber: Kementerian Pertanian, 25 Januari 2023

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang

Sekilas Info - Sebanyak 175 siswa kelas VII dari SMP Negeri 1 Batangan melakukan kunjungan ke Balingtan dalam rangka studi wisata dan belajar tentang budidaya tanaman sayuran yang yang ramah lingkungan. Siswa-siswi yang terdiri dari 5 kelas tersebut didampingi oleh Drs. Erling Pujiwanto selaku wakil Kepala Sekolah SMP negeri 1 Batangan dan juga jajaran guru kelas yang turut memdampingi siswa. Delegasi diterima secara langsung oleh Subkoordinasi Jasa Penelitian Balingtan yaitu ibu Eni Yulianingsih S.P.,M.P. di gedung Auditorium Balingtan.

Acara dilanjutkan pemaparan materi mengenai Pertanian Ramah Lingkungan oleh Eni Yulianingsih S.P.,M.P. selaku narasumber, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan kegiatan kunjungan laboratorium terpadu dan laboratorium GRK serta kunjungan lapang di kebun percobaan balingtan. Rombongan dibagi menjadi 3 kelompok untuk mempermudah mobilisasi saat dipandu berkeliling melihat area kawasan balingtan oleh Suryanto, S.ST., Edi Supraptomo, S.ST. dan Yono, S.ST.
 
Sumber: Dok. Balingtan, 19 Januari 2023

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang

 

 

Sekilas Info - Di awal tahun 2023, BSIP-Balingtan mengadakan medical check-up untuk seluruh pegawai. Medical check-up merupakan suatu upaya untuk mengetahui kondisi kesehatan sekaligus mendeteksi suatu penyakit sejak dini. Dengan melakukan medical check-up secara rutin akan memastkan bahwa dalam kondisi prima sehingga dapat memberikan kinerja maksimal.
Adapun Pemeriksaan medical check-up meliputi: Pemeriksaan Fisik oleh Dokter Umum, Elektrokardiografi (EKG), Radiologi (Rongent thorax), Laboratorium (QBC/Darah Rutin, Ureum, Creatinin, Cholesterol, Trigliserid, Asam Urat, Gula Darah Sewaktu, SGOT, SGPT, Urin Rutin).
 
Sebanyak 78 pegawai balingtan termasuk Ibu Plt. Kepala Balingtan, Dr. Wahida Annisa Yusuf, SP.,M.Sc telah mengikuti serangkaian kegiatan medical check-up secara tertib dan teratur. Harapannya semoga semua pegawai balingtan selalu diberi kesehatan sehingga bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, "Pegawai Sehat, Semangat Kerja Meningkat".
 
Sumber : Dok. Balingtan, 16 Januari 2023

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
Sekilas Info - Sebanyak 65 penyuluh pertanian dari Dinas Pertanian Kabupaten Subang melakukan kunjungan kerja ke Balingtan dalam rangka widya wisata sekaligus pengenalan teknologi pertanian ramah lingkungan. Rombongan didampingi oleh Ir. Asep Heryana, M.Si. selaku Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Subang dan diterima secara langsung oleh Ibu Plt. Kepala Balai Dr. Wahida Annisa Yusuf, SP., M.Sc. di Gedung Auditorium Balingtan.
 
Acara dilanjutkan pemaparan materi mengenai Adaptasi dan Mitigasi Gas Rumah Kaca (GRK) di Sektor Pertanian oleh Ali Pramono, S.P., M. Biotech. selaku narasumber, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan kegiatan kunjungan laboratorium terpadu dan laboratorium GRK serta kunjungan lapang di kebun percobaan balingtan. Perwakilan dari penyuluh sempat mempraktekkan proses pengambilan sampel gas rumah kaca (GRK) di lahan sawah sebagai percontohan pengambilan sampel gas yang didampingi oleh Bapak Ali Pramono, S.P., M. Biotech. Rombongan dari Dinas Pertanian Kabupaten Subang dipandu oleh Bapak Suryanto dan Bapak Edi Supraptomo berkeliling melihat area kawasan balingtan.
 
Sumber: Dok. Balingtan, 18 Januari 2023

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang

Sekilas Info - DWP Balingtan melakukan aksi penggalangan dana untuk bantuan korban banjir area di sekitar pati. Kemudian bantuan disalurkan untuk korban yang terkena dampak banjir berlokasi di Posko Desa Banjarsari, Kec. Gabus, Kab. Pati. Adapun bantuan yang diberikan berupa nasi bungkus, beras, mie instan, dan biskuit. Semoga dengan adanya bantuan ini dapat meringankan korban yang masih terkena dampak akibat banjir di Pati, yang sampai saat ini masih melanda.
 
Sumber: Dok. Balingtan, 9 Januari 2023

Halaman 1 dari 113