Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Expo Nasional Inovasi Perkebunan 2011 diselenggarakan di Jakarta 14-16 Oktober 2011

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
expo1
expo2 expo3

Berita Balingtan - Balai Penelitian Lingkungan Pertanian turut berpartisipasi dalam Acara Expo Nasional Inovasi Perkebunan (ENIP) 2011, yang diselenggarakan pada tanggal 14-16 Oktober 2011 di Jakarta. Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia  Ir. Suswono, MMA. Pada acara tersebut Menteri Pertanian RI memberikan sambutan yang pada intinya menyatakan bahwa pembangunan pertanian, khususnya perkebunan,  ke depan masih menjadi salah satu andalan pertanian. Neraca perdagangan pertanian yang positif ditopang oleh perdagangan komoditas perkebunan.

Dalam mendukung pelaksanaan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), kementerian Pertanian dan jajarannya sudah menyiapkan data dukung yang diperlukan bagi calon investor maupun semua pihak yang memerlukan. Kebijakan ke depan pembangunan pertanian akan terus dilaksanakan dengan mempertimbangkan inovasi hasil kajian riset yang terhandal. Dalam expo ini kementerian Pertanian mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menampilkan inovasi untuk kesejahteraan rakyat yang dikemas dalam bentuk ENIP. Acara dibuka oleh Menteri koordinator Perekonomian, dilanjutkan dengan gelar Promosi Teknologi, Seminar Nasional, dan Round Table Meeting (RTM). Acara RTM dibuka oleh Sekretaris Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. Mappaona, MS. Tema yang diangkat dalam RTM adalah "Inovasi Perkebunan mendukung peningkatan daya saing, nilai tambah, dan ekspor perkebunan". Dalam RTM dibagi dalam 3 kelompok besar yaitu:

1. Pakan Ternak :

  • Biofort
  • Ferlawit

2. Biofarmaka dan Produk Olahan :

  • Jamu Ternak
  • Minuman Herbal ASITABA PLUS

3. Sarana Produksi :

  • Formula Insektisida Nabati BIOTRIS
  • Kenaf varietas KR 14
  • Pupuk Urea Berlapis Arang Aktif