Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Kunjungan Tamu Peneliti Dr. Khiichi Hayashi dari International Rice Research Institute (IRRI)

Berita Balingtan - 19-25 September 2012, Balingtan menerima kunjungan tamu dari peneliti International Rice Research Institute (IRRI). yaitu Dr. Khiichi Hayashi dari Los Baños, Philippines. Kunjungan tamu diterima oleh Peneliti Balingtan E.Srihayu Harsanti,SP. M.Sc. dan Ir.Mulyadi dan beserta Peneliti Balingtan lainnya. Tujuan dari Dr. Khiichi Hayashi ke Balingtan adalah mengevaluasi kegiatan penelitian, membicarakan kegiatan penelitian kerjasama IRRI-Balingtan, dan untuk meninjau kegiatan alat yang bernama HOBO U20 Water Level Logger pada lokasi penelitian IRRI.

Adapun jadwal waktu yang dibuat Dr. Khiichi Hayashi sebagai berikut:

  • 19 September 2012 : Tiba di Balai Penelitian Lingkungan Pertanian, Jakenan (Pukul 14.00 WIB).
  • 20 September 2012 : Penelitian pertemuan dengan anggota tim Balingtan atau IAERI (Indonesian Agricultural Environment Research Institute) untuk CCARA (Climate Change Adaptation Research in Rainted Rice Area).
  1. Ir. Mulyadi
  2. Ir. Sigit Yuli Jatmiko, MP
  3. E.Srihayu Harsanti,SP. M.Sc.
  4. Anik Hidayah, S.Si
  5. Sarwoto, B.Sc
  • 21-22 September 2012: Wawancara dengan petani dan survei lapangan di Desa Megulung, Desa Jadi (Kabupaten Rembang), Desa  Pelemgede  dan Desa Sidomukti (Pati kabupaten).
  • 24 September 2012 : Penelitian pertemuan dengan Dr. Ir. Prihasto Setyanto, M.Sc dan E.Srihayu Harsanti,SP.M.Sc.
  • 25 September 2012 : Survei urea arang aktif dan tempat kunjungan / pabrik produksi ACU (Actived Carbon Urea)

Setelah diskusi dilanjutkan kunjungan Demplot (Demontration Plot) dan meninjau kegiatan alat yang bernama HOBO U20 Water Level Logger. Kegunaan HOBO U20 Water Level Logger. Untuk mengukur kedalaman air tanah (Water Level) dan temperatur tanah secara otomatis kemudian datanya bisa langsung direkam dalam data logger. Data logger memiliki akurasi tinggi, tanpa tabung ventilasi rumit atau desiccants untuk mempertahankan. Dengan adanya pertemuan ini diharapkan ke depan ada kerjasama yang baik dalam informasi penelitian.