Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Validasi Metode dan Estimasi Ketidakpastian Serta Sosialisasi ISO/IEC 17025 Tahun 2005 Di Laboratorium Balingtan

Berita Balingtan - Pada tanggal 08-10 November 2012 Balingtan mengadakan validasi metode dan estimasi ketidakpastian serta sosialisasi ISO/IEC 17025 tahun 2005 di laboratorium GRK (Gas Rumah kaca), laboratorium terpadu dan laboratorium RBA (Residu Bahan Agrokimia). Tamu berjumlah 1 orang yaitu Yohanes Susanto R (LIPI Bandung). Kunjungan tamu diterima oleh Kepala Balingtan yaitu Dr. Ir. Prihasto Setyanto, M.Sc  beserta peneliti Balingtan lainnya. Acara meliputi latihan (Training) dan diskusi yang diikuti semua pegawai Laboratorium Balingtan.

Dalam pembukaan bapak Poniman, SP (Peneliti) menyampaikan beberapa patah kata tentang Laboratorium Balingtan dan memperkenalkan pegawai yang bertanggung jawab di laboratorium GRK, laboratorium terpadu, dan laboratorium RBA. Latihan dilanjutkan dengan pembicara dari LIPI Bandung yaitu bapak Yohanes Susanto R. Membicarakan tentang persyaratan akreditasi terkait dengan metode pengujian. Metode pengujian akan menentukan berbagai hal dalam pengujian yaitu alat utama yang dibutuhkan , alat dukung, proses preparasi sampel, zat-zat standard dan spesifikasinya. Setelah diskusi dilanjutkan kunjungan lapang antara lain: kunjungan ke laboratorium terpadu dan kunjungan ke laboratorium GRK (Gas Rumah Kaca)

Adapun jadwal training dan materinya yaitu:

Kamis, 08 November 2012:

  1. Persyaratan akreditasi terkait metode pengujian dan strategi pemilihan metode
  2. Validasi metode pengujian
  3. Workshop 1: Merancang percobaan validasi/verifikasi metode sesuai keperluan lab
  4. Dasar-dasar ketidakpastian
  5. Estimasi ketidakpastian pada pembuatan larutan baku

Jum’at, 09 November 2012:

  1. Estimasi ketidakpastian pada titrasi
  2. Estimasi ketidakpastian pada analisis dengan AAS
  3. Workshop 2: Estimasi perhitungan ketidakpastian metode-metode analisis lab

Sabtu, 10 November 2012:

  1. Refereshment ISO/IEC 17025: Aspek Teknis
  2. Refereshment ISO/IEC 17025: Aspek Sistem Manajemen
  3. Kaji ulang manajemen dan sasaran mutu
  4. Workshop 3: Pratikum validasi/verifikasi metode (Pratikum Lab)