Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Praktik Lapangan Dari Kelompok PNPM Peduli NU Kabupaten Pati Tentang Pembuatan Arang Aktif

Berita Balingtan - Balingtan menerima kunjungan tamu dari Kelompok PNPM Peduli NU Kabupaten Pati (Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo). Tamu berjumlah 35 orang, kunjungan tamu diterima oleh Sri Wahyuni, SP beserta peneliti Balingtan lainnya. Tujuan kunjungan Kelompok PNPM Peduli NU ke Balingtan untuk mengetahui proses pembuatan arang aktif secara detail dari menimbang bonggol jagung yang akan dibuat menjadi arang aktif lalu di bakar dengan suhu tertentu, kemudian hasil dari pembakaran itu juga bila uap yang keluar di dinginkan bisa dimanfaatkan sebagai sabun antiseptik, pengawet minyak ikan, dsb.

Kunjungan ke tempat visitorplot SITT (Sistem Integrasi Tanaman-Ternak) dan kunjungan  ke tempat pembuatan arang aktif secara detail. Ibu Sri Wahyuni, SP menyampaikan mempersentasikan kembali tentang pembuatan arang aktif dari bonggol jagung dan pemanfaatan kotoran sapi untuk biogas. Jadi, pembakaran arang aktif tersebut dengan memakai biogas dari kotoran sapi. Dengan adanya pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan limbah tongkol jagung dan cara pengolahannya di Desa Prawoto Kecamatan Sukolilo dan untuk menambah pengetahuan serta pengenalan pada warga pati tentang arang aktif dari bonggol jagung.