Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Kunjungan Peserta Raker BBLitbangSDLP ke (BALINGTAN) Untuk Melihat Lebih Dekat Integrasi Tanaman Ternak (ITT) Ramah Lingkungan Berkelanjutan

Berita Balingtan - Jumat, 5 April 2013 Balingtan menerima kunjungan peserta Rapat Keja (Raker) BB Litbang SDLP dengan tema Formulasi dan Akselerasi Penelitian dan Pengembangan Pertanian Ramah Lingkungan Melalui Pembangunan Sistem Informasi Sumberdaya Lahan Pertanian yang dilaksanakan dalam rangka membahas tiga topik utama yaitu : (1) Pertanian Ramah Lingkungan (PRL), (2) Sistem Informasi Sumberdaya Lahan dan (3) Rencana Srategis BB Litbang SDLP tahun 2015-2019.

Peserta tiba di Balingtan pukul 9.30 WIB dengan menggunaka 4 buah bis. Peserta langsung menuju ke tempat pengembangan SITT ramah lingkungan berkelanjutan yang dikembangkan Balingtan. Setelah itu peserta menuju ke tempat peletakan batu pertama pembangunan Laboratorium Gas Rumah Kaca (GRK). Acara diawali dengan paparan dan doa bersama yang dipimpin oleh Kepala BB Litbang SDLP Dr. Ir. Muhrizal Sarwani, M.Sc., kemudian dilanjutkan denga peletakan batu pertama yang diawali oleh Ka BB Litbang SDLP, Ka Balingtan, Ka Balitanah, Ka Balitklimat dan Ka Balittra. Setelah itu peserta kembali ke lokasi ITT untuk melihat sejauh mana penerapan integrasi tanaman ternak ramah lingkungan berkelanjutan yang dikembangkan di Balingtan. Integrasi tanaman ternak berkelanjutan merupakan salah satu dari sembilan komponen Pertanian Ramah Lingkungan berkelanjutan yang dikembangkan oleh Badan Litbang Pertanian. Adapun kesembilan komponen tersebut adalah : (1)Produktivitas meningkat, (2) Rendah emisi GRK, (3) Rendah pencemaran pestisida, (4) Rendah pencemaran logam berat, (5)Pemanfaatan limbah pertanian secara optimal, (6)Pemanfaatan sumberdaya lokal, (7) Terjaganya biodiversitas, (8)Harus terintegrasi dan (9) Berkelanjutan.

Pertanian ramah lingkungan yang dikembangkan Balingtan diharapkan diikuti dan diterapkan oleh peserta di masing-masing UK/UPT yang bersangkutan. Peserta sangat tertarik dengan kegiatan, kebersihan dan kerapian yang ada di Balingtan dan memberikan apresiasi yangg tinggi atas keberhasilan penerapan pertanian ramah lingkungan berkelanjutan ini.