Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Kawasan Rumah Pangan Lestari


Berita Balingtan - Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan pengembangan dari Rumah Pangan Lestari (RPL) dalam skala luas, berbasis dusun (kampung), desa, atau wilayah lain yang memungkinkan. RPL sendiri adalah rumah penduduk yang mengusahakan pekarangan secara intensif untuk dimanfaatkan dengan berbagai sumberdaya lokal secara bijaksana yang menjamin kesinambungan penyediaan bahan pangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam.

Prinsip dasar KRPL adalah: (i) pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan dan dirancang untuk ketahanan dan kemandirian pangan, (ii) diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal, (iii) konservasi sumberdaya genetik pangan (tanaman, ternak, ikan), dan (iv) menjaga kelestariannya melalui kebun bibit desa menuju (v) peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) selama tahun 2012 telah melaksanakan beberapa kegiatan untuk mendukung program KRPL tersebut, antara lain sebagai berikut:

  1. Instalasi air embung untuk irigasi tanaman pekarangan
  2. Tanaman pekarangan skala rumah tangga
  3. Intercropping mangga dengan empon-empon/ umbi-umbian
  4. Pengelolaan kawasan SITT (rumah kebun benih lestari, rumah kompos, padi organik, sayuran semi organik, pola tanam embung+ikan+ayam)
  5. Pola tanam + ikan + ayam

1. ngelolaan kawasan SITT (rumah kebun benih sayuran, rumah kompos, padi organik, sayuran semi organik, pola tanam embung + ikan + ayam).