Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Pengambilan Sampel ICCTF Fase Ke-2 di Papua

Berita Balingtan - Kegiatan ICCTF (Indonesia Climate Change Trust Fund) fase ke 2 tahun 2013 di wilayah Papua di laksanakan untuk memonitoring emisi CH4 dan CO2 dari lahan gambut dengan pertanaman sagu (Metroxylon sagu Rottb). Monitoring dilakukan setiap 3 bulan sekali. Lokasi pengambilan sampel dilaksanakan di Kampung Naena Mukti Pura Distrik Kuala Kencana Kabupaten Mimika Papua. Pengambilan dilakukan dengan 6 ulangan pada jarak antar ulangan 20 meter. Waktu pengambilan sampel dilakukan pada pagi dan siang hari.

Monitoring II dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2013. Sungkup yang di gunakan berbentuk tabung, terbuat dari paralon dengan ukuran panjang 30 cm dan diameter 8 inci. Untuk penyimpanan gas digunakan vial kaca dalam kondisi vakum dengan ukuran 10 ml dengan interval pengambilan sampel sebanyak 7 kali (menit ke 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21). Sampel gas dianalisa di laboratorium Gas Rumah Kaca (GRK) Balai Penelitian Lingkungan Pertanian dengan menggunakan alat Micro GC seri CP 4900. Hasil pengukuran fluks CH4 dari lahan gambut yang ditanami Sagu terukur pada pagi hari sebesar 75 mg CH4/m2/hari dan saat siang hari terukur 60 mg CH4/m2/hari. Hasil pengukuran fluks CO2 dari lahan gambut terukur pada pagi hari sebesar 5635 mg CO2/m2/hari dan pada siang hari sebesar 4846 mg CO2/m2/hari. Rata rata fluks harian pada monitoring II GRK pada lahan gambut pertanaman sagu di lokasi ini untuk CH4 sebesar 67,28 mg CH4/m2/hari sedangkan untuk CO2 sebesar 5240 mg CO2/m2/hari. (Anggri Hervani/Balingtan)

Berita Terkait: Pelatihan Pengukuran Emisi Gas Rumah Kaca Pada Lahan Gambut Di Papua

Gambar 1. Pengambilan sampel gas CO2 dan CH4 di pertanaman sagu.
Gambar 2. Lokasi pengambilan sampel Gas Rumah Kaca.
Gambar 3. Persiapan pengambilan sampel gambut.
Gambar 4. Persiapan pengambilan sampel untuk setiap titik pengamatan.
Gambar 5. Persiapan sungkup untuk pengambilan sampel GRK pada pertanaman sagu di Papua.
Gambar 6. Pengambilan sampel gambut.
Gambar 7. Lokasi ICCTF fase Ke-2 di Papua