Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Inovasi Sistem Integrasi Padi-Sapi Mendukung Ketahanan Pangan dan Energi

Berita Balingtan - Open house dibuka oleh Kepala Badan Litbang Pertanian yang diwakilkan kepada Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian Dr. Agung Hendriadi, M.Eng. Pada acara pembukaan diserahkan pula bantuan benih padi secara simbolik kepada petani 3 desa. Hadir dalam acara pembukaan Wakil Bupati Batang, Kepala BKP Provinsi Jawa Tengah sekaligus mewakili Gubernur Jawa Tengah, Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah dan SKPD Tk I Jawa Tengah serta Tk II Kabupaten Batang. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan open house dari lingkup Badan Litbang Pertanian antara lain PSE-KP, Pustaka, Puslitbangnak, Puslitbangtan, BB Padi, BB Mektan, BBP2TP, Balingtan, Balitnak dan Lolit Sapi Grati. Peserta dari berbagai unsur yang hadir pada rangkaian kegiatan open house sebanyak ± 325 orang. Strategi komunikasi hasil penelitian dari sumber teknologi kepada pengguna perlu dilakukan dengan berbagai pendekatan. Tujuan open house untuk mempromosikan dan mensosialisasikan inovasi teknologi hasil penelitian dan pengkajian Badan Litbang Pertanian kepada stakeholder dan pengguna; tukar informasi dengan pengguna; dan untuk mendapatkan umpan balik dari stakeholder. Open house dengan tema “Inovasi Sistem Integrasi Padi – Sapi Mendukung Ketahanan Pangan dan Energi” dilaksanakan selama dua hari pada 2 dan 3 September 2013.

 

Acara hari pertama meliputi kunjungan lapang melihat hasil penerapan teknologi Badan Litbang Pertanian. Acara hari pertama meliputi kunjungan lapang melihat hasil penerapan teknologi Badan Litbang Pertanian, Temu Usaha Perbenihan, dan Focus Group Discussion (FGD) Implementasi SLPTT Padi dengan Pendekatan Kawasan Berdasar Permentan No. 45 Tahun 2011. Pada hari kedua dilaksanakan Temu Lapang Sistem Integrasi Padi dengan Sapi dan kunjungan siswa SD dan SMP. Materi yang ditampilkan meliputi 1) Integrasi ternak sapi dengan tanaman padi berorientasi ramah lingkungan dan mendukung kemandirian energi; 2) Program pemuliaan tanaman partisipatif padi genjah aromatik di Jawa Tengah; 3) Kawasan Rumah Pangan Lestari; 4) Ekspose dalam bentuk panel, realia, dan produk olah yang berasal dari Balai Penelitian Lingkungan Pertanian, Loka Penelitian Sapi Potong, PT Saprotan Utama, dan PT Dharma Guna Wibawa.