Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Pelatihan GC dan Pengukuran Kandungan Pestisida Dengan Tamu Dari UGM

Berita Balingtan – Dua Dosen Fakultas Pertanian UGM melakukan pelatihan di Balingtan selama 4 hari mulai tanggal 17 September – 20 September 2013. Hari pertama peserta melakukan diskusi diruang rapat gedung utama tentang konsep pengambilan sampel dan penggunaan alat GC (Gas chromatography) di Laboratorium GRK (Gas Rumah Kaca) dan Laboratorium Terpadu. Hal pertama yang dilakukan adalah pengenalan alat GRK dan pelatihan dari Laboratorium GRK tentang cara penggunaan jarum suntik untuk pengambilan sampel gas dilapangan. Kemudian cara penggunaan chamber (boxs) perangkap sampel gas dil apangan. Setelah itu dilakukan kalibrasi GC sebelum digunakan untuk analisa sampel dari lapang. Dilanjutkan analisa sampel gas dilahan jagung sekitar kebun percobaan. Dilanjutkan analisa sampel gas dengan menggunakan GHG-450 dan CP-4900.

Selanjutnya peserta melakukan pelatihan di Laboratorium Terpadu. Mereka diajarkan cara ekstrasi, pengukuran kandungan pestisida dan operasional alat (shimadzu) dengan detector ECD. Semoga apa yang disampaikan kepada peserta dapat bermanfaat di lingkungan kerjanya.