Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Pertemuan Koordinasi Dengan Lembaga Sampling dan Uji Mutu Pupuk Petroganik

Berita Balingtan - Balingtan mengikuti pertemuan koordinasi dengan lembaga sampling dan uji mutu pupuk petroganik yang diadakan di Wisma Kebomas PT Petrokimia Gresik. Acara dibuka oleh Ibu Endang Sukesi Susilawati (GM Pemasaran PT Petrokimia Gresik) yang mewakili Direktur Utama PT Petrokimia Gresik. Dan dihadiri berbagai instansi antara lain BPTP Jateng, BPTP Jatim, BPTP Yogya, UNPAD, IPB, Lab. Sucofindo Semarang, Lab. Surabaya, Balitjestro dan Balingtan. Dilanjutkan dengan pemaparan materi Proses Produksi Pupuk Petroganik yang disampaikan oleh GM Riset PT Petrokimia Gresik kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi Pengambilan Contoh, Penyiapan Contoh Lab dan Uji Mutu Pupuk Petroganik oleh GM Teknologi PT Petrokimia Gresik. Setelah penyampaian materi dilanjutkan diskusi. Ada beberapa hal yang menjadi bahan diskusi yaitu (1) kandungan Fe dalam kotoran sapi yang dijadikan bahan utama pupuk petroganik, (2) setting waktu pengambilan sampel, (3) gudang mitra yang belum sesuai, (4) rayonisasi pupuk dan (5) unsur La dan Ce yang tetap harus dianalisa karena merupakan persyaratan dari SNI.

Semua permasalahan yang ada dalam diskusi dapat terselesaikan dengan tanggapan dari pihak PT Petrokimia Gresik. Kegiatan ini dilakukan sebagai masukan bagi PT Petrokimia Gresik untuk tetap menjaga kualitas pupuk yang diproduksi (pupuk organik maupun pupuk anorganik) karena kepercayaan dari petani pengguna harus tetap dipertahankan. (Eni Yulianingsih, SP, MP - Balingtan)