Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Peningkatan Kapasitas Aparatur Dalam Penanganan Dampak Perubahan Iklim di Sektor Pertanian

Berita Balingtan - Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) menerima kunjungan dari Pejabat Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI), Biro Perencanaan Kementrian Pertanian, dan Environmental Defense Fund (EDF). Rombongan ini di pimpin oleh Dr. Prayudi (DNPI), rombongan tamu disambut oleh Dr. Ir. A. Wihardjaka M.Sc dan staf Balingtan di gedung peneliti Balingtan. Ucapan selamat datang dan paparan mengenai profil Balingtan disampaikan oleh Dr. Wihardjaka agar para tamu mengetahui dan mengenal Balingtan lebih dekat. Setelah itu, dilanjutkan kunjungan para tamu ke Laboratorium Gas Rumah Kaca (GRK) baik yang lama maupun yang baru, Laboratorium Terpadu dan kebun Sistem Integrasi Tanaman-Ternak (SITT). Di Laboratorium GRK dijelaskan bagaimana pengambilan sampel GRK yang selama ini dilakukan oleh Balingtan. Kemudian di Laboratorium Terpadu juga dijelaskan bagaimana analisa logam berat, pestisida dalam tanah dan air. Di SITT para tamu ditunjukkan bagaimana cara pembuatan biochar yang selama ini dikembangkan oleh Balingtan. Selanjutnya para tamu melanjutkan kunjungan di lokasi SLPTT di Srikaton Jaken, Pati.

Diharapkan perubahan iklim yang ada dapat diantisipasi ke depannya sehingga target produksi yang ditetapkan pemerintah bisa tercapai disamping juga mutu yang bagus untuk produksi perlakuan terhadap lingkungan juga harus diperhatikan sebagai barrier terhadap produk – produk pertanian Indonesia.