Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Pengukuran Emisi Gas Rumah Kaca Kerjasama Balingtan - BB Penelitian Padi (bagian 1)

Berita Balingtan - Balai Penelitian Lingkungan Pertanian mengadakan kerjasama penelitian dalam rangka Pengukuran Emisi Gas Rumah Kaca Pada Tanaman Pangan Berbasis Pertanian Efisien Karbon dengan BB Penelitian Padi Sukamandi. Pada tanggal 6 Nopember 2013 tim dari Balingtan diskusi bersama Kepala Kebun dan teknisi BB Padi terkait varietas yang ditanam, penentuan lokasi plot percobaan, serta jadwal tanam padi sawah di BB Padi. Berdasarkan hasil diskusi, varietas Inpari 13 tidak ditanam sehingga diganti dengan varietas Inpari 30. Rencana tanam plot NPK, BO, Ciherang, dan Inpari 30 tanggal 11 November 2013.

Tim Balingtan melakukan pemasangan penampang, piezometer pada masing-masing  titik dilokasi dengan perlakuan NPK dan BO untuk penelitian jangka panjang dengan varietas Inpari 13 dan varietas Ciherang, Situ Bagendit dan Inpari 30 untuk perlakuan varietas yang dikembangkan oleh Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) BB Penelitian Tanaman Padi. Pengambilan gas CH4 dan N2O pada padi sawah dimulai pukul 10.30 WIB, masing-masing plot 3 ulangan. Selain itu juga mengamati tinggi muka air tanah dan pH tanah, serta mengambil sampel tanah dari masing-masing plot (sampel tanah dikompositkan dari beberapa titik dalam plot). Parameter tanaman belum bisa diamati karena belum terdapat tanaman.

Selain itu dilakukan pengambilan sampel biogas dari outlet pada pagi hari dan sore hari masing-masing 10 sampel, mengambil sampel gas rumah kaca dari kotoran ternak sapi , menimbang  berat  ternak 4 ekor dengan kisaran umur 1 -1,5 tahun, menimbang berat kotoran ternak yang dihasilkan oleh 4 ekor sapi mulai pukul 7.45 sampai 15.05 serta melakukan wawancara dengan petugas kandang mengenai jumlah pakan ternak per ekor per hari.

Eni Yulianingsih, SP, MP / Balingtan