Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Pengukuran Emisi GRK pada Saluran Drainase dan Air Tersimpan dari Lahan Gambut Ke-1

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Ancaman perubahan iklim akibat dari penumpukan emisi gas rumah kaca (GRK) sudah semakin nyata. Selama ini emisi GRK yang dilaporkan berasal dari dekomposisi bahan organik (Emisi Heterotropik) yang diukur dari permukaan lahan gambut. Beberapa publikasi menyebutkan salah satu sumber terbesar emisi GRK di lahan gambut adalah dari saluran drainase gambut. Oleh karena itu pengukuran intensif dilakukan di saluran drainase gambut di demplot ICCTF Kalimantan Tengah.

Tanggal 2-5 Maret 2014 tim Balingtan dengan tim BPTP Kalimantan Tengah mengawali pengukuran ini dengan penentuan titik sampling di saluran drainase utara dan selatan demplot ICCTF Kalimantan Tengah serta pengambilan sampel air dari drainase utara, drainase selatan dan demplot ICCTF.

Pada hari ke-2 baru dimulai pengambilan sampel GRK di 5 titik saluran drainase utara dan 5 titik disaluran drainase selatan. Dengan interval pengambilan 15’, 30’, 45’, 60’, dan 75’. Disamping itu juga dilakukan pengukuran tinggi muka air dalam saluran dan kecepatan aliran air (debit). Kegiatan ini merupakan pengambilan sampel untuk mewakili musim hujan pertama. (Eni Yulianingsih, SP, MP/Balingtan)