Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Pengembangan Pemberdayaan Hutan : Low Carbon Forestry Economic Development

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - IndoGreen Forestry Expo 2014 merupakan pameran kehutanan dengan tema “Low Carbon Economic Forestry Development”. Pameran berlangsung tanggal 11-14 April 2014 di Assembly Hall - Jakarta Convention Center. Pameran dibuka oleh Menteri Kehutanan Bapak Zulkifli Hasan dan diikuti oleh 182 peserta baik dari Instansi pemerintah maupun swasta yang terkait dengan kegiatan-kegiatan kehutanan. Pameran ini merupakan sarana informasi, sosialisasi, promosi inovasi, menampilkan potensi yang sangat besar pada sektor kehutanan, pengelolaan, pemanfaatan dan pelestarian hutan, hasil hutan baik kayu maupun non kayu, produk olahannya dan peralatan pemanfaatan hutan. Pameran ini juga mensosialisasikan program dan tindakan nyata pemerintah dan pihak swasta dalam melaksanakan pembangunan hutan berkelanjutan dan merata termasuk reklamasi hutan dan lahan bekas tambang.

Kegiatan yang akan ditampilkan pada IndoGreen Forestry Expo 2014, antara lain: Investasi jasa dan produk pemanfaatan dan penggunaan kawasan hutan dalam kerangka “Low Carbon Forestry Economic Development”: pemanfaatan hutan (hutan alam produksi, Hutan Tanaman Industri, Restorasi Ekosistem, Hutan Tanaman Rakyat, Hutan Kemasyarakatan, Hutan Desa, Jasa Tata Air, Jasa Ekowisata, Jasa Perdagangan Karbon dan Jasa Keanekaragaman Hayati, Sylvopastura, Agroforestry dan Sylvofishery; Pengembangan penggunaan kawasan hutan dengan upaya reklamasi pada lahan hutan bekas tambang di kawasan hutan dan pengembangan pariwisata alam;  Pengurangan laju deforestrasi dengan optimalisasi penggunaan lahan dan pelepasan kawasan hutan khususnya untuk usaha perkebunan menuju ISPO (Indonesia Sustainable Palm Oil); serta kegiatan Pemanfaatan CSER (Corporate Social Environmental Responsibility)

 

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dan Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) berpartisipasi pada Pameran 6th Indo Green Forestry Expo 2014 dengan mengangkat tema “Kampanye Pertanian Ramah Lingkungan”. Kampanye ini bertujuan untuk mensosialisasikan bahwa pertanian bukan merupakan penyumbang emisi gas rumah kaca (GRK), dan beberapa hasil penelitian yang mendukung ditampilkan dalam bentuk poster seperti : simpangan carbon dan emisi GRK pada lahan gambut Indonesia, emisi metana pada beberapa varietas padi, bahan penghambat nitrifikasi alami untuk mitigasi GRK, dan Integrasi tanaman ternak penghasil biogas terbarukan skala rumah tangga tani mendukung mitigasi perubahan iklim. Selain itu Balitbangtan juga menampilkan beberapa hasil kajiannya dalam bentuk peta kesesuaian lahan untuk tanaman perkebunan seperti kakao, kelapa sawit dan buku 400 teknologi. Rangkaian kegiatan lainnya yang juga meramaikan 6th Indo Green Forestry Expo 2014 yaitu lomba foto facebook dengan tema Hutan Kita untuk Masa Depan dan peluncuran facebook Hari Hutan Internasional yang akan diperingati setiap tanggal 26 Maret.

Selain akan menampilkan produk dan jasa kehutanan yang ramah lingkungan hidup, IndoGreen Forestry Expo 2014 juga direncanakan akan menyelenggarakan berbagai kegiatan menarik yang penting untuk diikuti. antara lain: Dialog nasional “Sosialisasi Program Pemberdayaan Hutan : Low Carbon Forestry Economic Development”; Ajang temu bisnis dengan pelaku usaha sektor kehutanan; Presentasi peluang bisnis kehutanan;  dan Talkshow tentang peran dunia bisnis dalam melestarikan hutan Indonesia. Juga akan ada kegiatan pendukung lainnya seperti: Family Forestry Day: Indonesia Green Fun Bike, Forestry Tour, Penanaman dan Pemeliharaan Pohon Bersama, serta Workshop tentang Pendidikan dan Pengetahuan Pemanfaatan Hutan; serta Lomba foto dan lomba lukis. (Admin Balingtan)