Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Halal Bihalal Keluarga Besar Balingtan, Selamat Idul Fitri 1435 Hijriah

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan – Balai Penelitian Lingkungan Pertanian mengadakan acara Halal Bihalal yang dihadiri oleh seluruh karyawan/karyawati Balingtan, pensiunan Balingtan, dan anggota dharma wanita Balingtan. Acara ini diselenggarakan di lobi gedung peneliti Balingtan.  Halal Bihalal diawali dengan sambutan Kepala Tata Usaha yaitu bapak Sudarto, SE yang mengucapkan mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh hadirin. Kemudian dilanjutkan Ceramah agama atau tausiah yang disampaikan oleh ustadz Mughni Winarso, SE yang membahas mengenai hakekat acara Halal Bihalal. Kata-kata “Minal Aidin wal Faizin” adalah penggalan sebuah doa dari doa yang lebih panjang yang diucapkan ketika kita selesai menunaikan ibadah puasa yakni : “Taqabbalallahu minna wa minkum wa ja’alanallahu minal ‘aidin wal faizin” yang artinya “Semoga Allah menerima (amalan-amalan) yang telah aku dan kalian lakukan dan semoga Allah menjadikan kita termasuk (orang-orang) yang kembali (kepada fitrah) dan (mendapat) kemenangan”.

Sehingga arti sesungguhnya dari “Minal Aidin wal Faizin adalah “Semoga kita termasuk (orang-orang) yang kembali (kepada fitrah) dan (mendapat) kemenangan”, mudah-mudahan kita sekarang sudah memahami kalimat itu. Selain ucapan “minal aidin wal faizin”, diantara kita juga sering menerima ucapan sebagai berikut: Taqabalalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, yang artinya “Semoga Allah menerima (amalan-amalan) yang telah aku dan kalian lakukan, puasaku dan puasa kalian”. Acara Halal Bihalal kemudian ditutup dengan doa dan saling bersalaman antara pimpinan, karyawan, dan hadirin yang ada. (Admin Balingtan)