Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Verifikasi Penilaian Penghargaan Abdi Bakti Tani Tahun 2014

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Kepala Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Ir. Winarhadi, MM bersama tim penilai penghargaan abdi bakti tani jumat tanggal 08 Agustus 2014 melakukan kunjungan kerja di Balai Penelitian Lingkungan (Balingtan), Jakenan, Jawa Tengah. Dalam rangka mencapai tujuan pembangunan pertanian, salah satunya adalah meningkatkan mutu pelayanan Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) bidang pertanian kepada masyarakat. Untuk maksud tersebut Menteri Pertanian memberikan penghargaan Abdi Bakti Tani kepada UKPP yang berprestasi dalam meningkatkan kinerja pelayananya kepada publik. Penilaian Abdi bakti tani tujuan penilaian Abdi Bakti Tani: Mendorong dan memotivasi unit pelayanan menggerakkan sumberdaya dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas kinerja pelayanan.

Unsur-unsur yang akan dinilai meliputi:

1.  Visi, misi, dan motto pelayanan;

2.  Sistem dan prosedur pelayanan;

3.  Sumber Daya Manusia (SDM) pelayanan;

4.  Sarana dan prasarana.

Pedoman pelaksanaan pemberian tunjangan kinerja bagi pegawai di lingkungan Balai Penelitian Lingkungan Pertanian yang semula berkiblat pada Permentan 68/Permentan/OT.140/11/2012, mulai 2 April 2014 telah diberlakukan Permentan 45/Permentan/OT.140/4/2014 sebagai penggantinya. Adanya perubahan pedoman pemberian tunjangan kinerja lingkup Kementerian Pertanian, yang didalamnya mengusung sosialisasi Permentan 45 Tahun 2014 serta Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), yang bertujuan untuk membangun aparatur sipil negara yang memiliki integritas, profesional, netral dan bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta mampu menyelenggarakan pelayanan publik. Kegiatan ini dapat memberikan wawasan dan informasi yang berguna bagi para pegawai terkait pedoman dan peraturan kepegawaian, dalam hal ini pedoman pemberian tunjangan kinerja serta UU tentang Aparatur Sipil Negara yang akan menjadikan kita sebagai PNS yang profesional.

Kepala Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian, memberikan arahan terkait kinerja pegawai. Bahwa indikator kinerja dari seorang pegawai harus jelas, dan itu tercermin dalam Sasaran Kerja Pegawai (SKP). Jadi seorang pegawai itu harus membaca, menghapal, menghayati, dan melaksanakan apa yang telah tertulis dalam SKPnya masing-masing. Terkait kedisiplinan pegawai, Bapak Ir. Winarhadi, MM mengingatkan lagi kewajiban, larangan, jam kerja dan hukuman disiplin bagi pegawai sesuai dengan Peraturan Pemerintah 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Dengan adanya pertemuan dan penilaian ini Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian sangat terkesan dengan kinerja Balingtan setiap tahunnya dalam pelayanan yang profesional. (Admin Balingtan)