Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Survei Sidik Cepat Pencemaran Limbah Tekstil di Lahan Sawah

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Menindaklanjuti isu hangat pencemaran limbah tekstil di areal persawahan di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung. Balai Penelitian Lingkungan Pertanian  menurunkan tim peneliti yang dipandu oleh peneliti dari BPTP Jawa Barat melakukan Quick Assessment (Sidik Cepat) dengan menggunakan Monitoring Environment Service Vehicle (MES-V) yang berisi perlengkapan uji cepat kualitas air dan logam berat di dalam tanah sawah.

Sidik Cepat dilakukan dari 7-10 September 2014 di Desa Linggar, Jelegong, Bojongloa Sukamulya dan Sukamanah, Kecamatan Rancaekek sebagai wilayah terdampak serius serta Desa Padaulun, Majasetra dan Solokan Jeruk Kecamatan Majalaya sebagai terdampak sedang. Sampel yang diukur terdiri dari sampel outlet limbah pabrik tekstil, sampel air sungai (Cikijing dan Cimande), sampel air yang masuk ke sawah, sampel air sumur penduduk, sampel tanah sawah dan sampel beras. Sampel air diukur parameter kualitas air dan kandungan logam berat sedangkan sampel tanah dan beras diukur kandungan logam beratnya. (Sukarjo, S.TP, MP/Balingtan)