Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Kebun Percobaan Balingtan Terpilih sebagai Pelaksana Agro Science Park (ASP)

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Agro Science Park (ASP) dan Agro Techno Park (ATP) merupakan sebuah program pemerintah yang bertujuan untuk mempercepat aliran teknologi di bidang pertanian sampai ke lapangan dan diimplementasikan oleh pengguna khususnya petani. Untuk itu koordinasi antar pihak yang terkait dengan program tersebut harus terus dilakukan. Salah satunya dengan rapat koordinasi terkait ASP dan ATP antara Kementerian Pertanian dengan Bappenas. ASP dan ATP sendiri merupakan sebuah kawasan percontohan sekaligus penyedia teknologi pertanian yang kedepan diharapkan dapat memicu dan memacu petani dalam hal peningkatan produktifitas hasil pertanian, maupun manajemen pengelolaan usaha pertaniannya. Untuk tahap awal tahun 2015 ini, ATP akan dibangun di 10 kabupaten sebagai pusat penerapan teknologi pertanian serta tempat pelatihan, pemagangan, diseminasi teknologi dan pusat advokasi bisnis ke masyarakat luas, dan ASP akan dimulai di lima provinsi sebagai pusat pengembangan aplikasi teknologi lanjut bagi perekonomian lokasi serta penyedia solusi teknologi yang tidak dapat ditangani di ATP. ASP dan ATP ini diharapkan dapat menjadi pusat pelayanan teknologi pertanian, bagaimana ASP dapat melayani ATP dan bagaimana ATP melayani petani. Konsep ATP dan ASP ini merupakan kombinasi antara diseminasi teknologi dan pengawalan sampai dengan apa teknologi yang akan dilayankan.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pada tahap awal ini ATP dan ASP akan dibentuk di lokasi yang sudah siap, dalam arti telah mempunyai infrastruktur dasar yang bisa digunakan sebagai lokasi program tersebut. Balitbangtan yang mempunyai Unit Pelaksana Teknis di seluruh Indonesia dirasa telah siap untuk digunakan sebagai lokasi awal pembentukan ASP dan ATP ini. Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) ditunjuk sebagai pelaksanaan Agro Science Park (ASP). Agro Science Park yang akan dibangun di Kebun Percobaan Balingtan adalah wahana penciptaan, pengembangan, dan arena diseminasi  IPTEK unggulan pertanian Balitbangtan termasuk di dalamnya kegiatan pelatihan-pelatihan. Untuk itu diperlukan sarana prasarana pendukung yang high quality, menarik, cantik, unik, nyaman, informatif, berkelanjutan dan menggunakan teknologi pertanian terbarukan. Dengan sasaran advokasi IPTEK kepada stakeholder, pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan pencapaian swasembada pangan, peningkatan pendapatan dan kesejahteraan pelestarian lingkungan pertanian.

Kegiatan Utama mendukung Swasembada Pangan (5 zonasi) komoditas utama: Budidaya padi, budidaya kedelai, budidaya tebu, budidaya jagung, dan ternak. Adapun Kegiatan Pendukung untuk Pertanian Bioindustri Berkelanjutan dan Adaptasi-Mitigasi Perubahan Iklim (11 zonasi): Hortikultura, surjan, Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), mina Padi, ikan lokal, biopestisida dan bio fence, remediasi lumpur sidoharjo, pemupukkan jangka panjang, padi toleran rendaman, koleksi tanaman fitoremediasi, dan padi toleran kekeringan. Balingtan berkomitmen dalam melaksanakan tugas ini dan akan menggerakkan seluruh sumber daya yang ada untuk kepentingan diseminasi teknologi ke masyarakat serta akan mensinergikan program ini dengan pihak lain yang terkait. Ditambahkan bahwa dalam pelaksanaan ASP dan ATP nantinya akan menggunakan konsep pertanian modern yang didalamnya termasuk adanya dukungan Information and Technology (IT). Modern agriculture ini akan in line dengan ASP dan ATP. (Admin Balingtan)