Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Diklat Teknis Pengelolaan Limbah Dalam Integrasi Tanaman Ternak Ramah Lingkungan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Guna menambah pengetahuan dan wawasan bagi pesrta bimtek, pada tanggal 24 April 2015 berkunjung ke Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan). Peserta Bimtek dari PPL kabupaten Demak di terima oleh  Bapak Kepala Balai (Dr. Prihasto Setyanto, M.Sc.,  Kasie Yantek Jaslit (Suharsih, S.Si),   Fasilitator (Sri Wahyuni dan Suryanto). Jumlah tamu dari PPL Kabupaten Demak sejumlah 72 orang yang terdiri dari peserta bimbingan teknis sejumlah 60 orang, pendamping sejumlah 12 orang yang berasal dari Badan Penyuluh dan Ketahanan Pangan Kabupaten Demak. Koordinator dari kunjungan sekaligus bimbingan teknis/praktek lapang ini adalah Dra. Tri Wahyu Hapsari, MM., Kepala Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Demak.

Fasilitator menyampaikan informasi teknologi Balingtan dengan Tema Pengelolaan Limbah dalam Integrasi Tanaman Ternak Ramah Lingkungan. Fasilitator juga menyampaikan 10 ciri pertanian bioindustri berkelanjutan. Ciri Pertanian Bioindustri Berkelanjutan terdiri dari (1) Produktivitas meningkat, (2) Konservasi Tanah dan Air, (3) Termanfaatkannya Limbah Pertanian secara optimal, (4) Diterapkannya Pengendalian OPT (Organisme Penggangu Tanaman), (5) Termanfaatkannya Sumberdaya Lokal, (6) Adaptif terhadap Perubahan Iklim, (7) Integrasi Tanaman-ternak, (8) Terjaganya Biodiversitas, (9) Rendahnya cemaran pestisida dan Logam Berat, (10) Turunnya Emisi Gas Rumah Kaca. Selain itu fasilitator juga menyampaikan teknik pembuatan biopori dan pemanfaatan sludge, pemanfaatan urin ternak untuk biopestisida, dan lain-lain.

Setelah dari pemaparan pengelolaan limbah dilanjutkan kunjungan lapang yang di pandu oleh fasilitator yaitu melihat pertanian ramah lingkungan, diantaranya pemanfaatan lysimeter, komposting insitu, melihat FIO  (Filter Inlet Outlet) dan manfaatnya, melihat embung, pemupukan jangka panjang, melihat teknik pembuatan biochar dari limbah pertanian tongkol jagung, dan pemanfaatannya. Para tamu sangat antusias dan mempunyai semangat yang tinggi dan sangat tertarik dengan teknologi Balingtan. Selain itu para tamu juga melihat praktek pembuatan silase, pembuatan kompos balingtan, dan pembuatan biokompos. (Sri Wahyuni, SP, MP/Balingtan)