Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Cara Pengambilan Sampel Gas Rumah Kaca (GRK) Dari Pengelolaan Kotoran Hewan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Pada tanggal 15-16 Juni 2015, ada kunjungan tamu dari Balai Penelitian Ternak (Balitnak-Bogor) untuk mencari informasi cara pengambilan sampel gas rumah kaca (GRK) dari pengelolaan kotoran hewan (manure management). Tim peneliti Balitnak yang terdiri dari Ibu Dr. Dwi Yulistiani dan Dr. Wisri bertukar informasi dengan para peneliti GRK Balingtan. Dalam pertemuan tersebut disampaikan cara pengukuran emisi GRK dari kotoran hewan dan bagaimana cara memelihara hewan ternak yang ramah lingkungan.

Dijelaskan peneliti Balingtan bahwa untuk mengukur emisi dari kotoran hewan dapat digunakan metode sungkup tertutup (close chamber). Kotoran hewan dimasukkan ke dalam peralatan tersebut, kemudian diukur konsentrasinya pada interval tertentu. Setelah itu dapat dihitung besaran emisi GRK-nya. Berkaitan dengan pemeliharaan ternak yang rendah emisi, beberapa teknologi pengolahan pakan antara lain adalah penggunaan tanaman gamal sebagai hijauan yang dapat menurunkan emisi GRK dari fermentasi enterik. (Ali Pramono, SP, M.Biotech/Balingtan)