Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Bimbingan Teknis Penyuluh untuk tenaga penyuluh dari Dispertanak Kabupaten Pati

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Pada tanggal 11 September 2015 sebanyak 40 orang tenaga penyuluh dari beberapa kecamatan Dispertanak Kabupaten Pati berkunjung ke Balingtan. Kunjungan ini merupakan studi banding sebagai kelanjutan dari kegiatan Pelatihan Penyuluhan yang diadakan Dispertanak Kabupaten Pati. Untuk menambah pengetahuan petugas penyuluh diberikan materi peyuluhan di lapangan. Dengan berkunjung di Balingtan diharapkan peserta dapat mengetahui hasil penelitian bidang tanaman Padi, Jagung, dan Kedelai yang di tanam di lahan kering.

Para peserta studi banding ikut menyaksikan panen perdana kedelai dilahan sawah tadah hujan lokasi TSP Balingtan oleh Kepala Puslitbangtan. Kemudian peserta diajak berkeliling melihat area pertanaman jagung dan kedelai yang ditanam di sawah tadah hujan yang mengandalkan pengairan dari air embung. Selanjutnya peserta diarahkan menuju Kebun Balingtan untuk melihat Sistem Integrasi Tanaman dan Ternak yang dikembangkan di Balingtan. Pada kesempatan tersebut peserta juga ikut membeli sayuran organik, ayam KUB, dan itik Hibrida Master hasil produksi Balingtan. Pengembangan budidaya pertanian yang ramah lingkungan sangat mendukung pola pengelolaan sumberdaya pertanian secara bijak, dengan menggunakan inovasi teknologi yang nantinya mampu meningkatkan produktivitas pertanian untuk menuju keberkelanjutan pangan. Yang perlu ditekankan adalah pengembangan teknologi yang ramah lingkungan dan pertanian zero waste, sehingga fungsi dari lingkungan tetap terjaga. (Admin Balingtan)