Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Mengenalkan Taman Sains Pertanian Kepada Masyarakat dengan Panen Perdana Kedelai

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Menurut Prof. Budi Indra Setiawan selaku Tenaga Ahli Menteri di Kementerian Pertanian, panen kedelai di Balingtan ini menunjukkan bahwa tidak ada lagi alasan bagi kita sebagai warga Indonesia untuk tidak mampu mengolah lahan-lahan yaang kurang optimal. Balingtan telah menunjukkan bahwa dengan sarana dan prasarana yang sesuai mampu mendukung penanaman kedelai di lahan kering pada musim kemarau. Prof. Budi menambahkan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mensukseskan panen di lahan-lahan kering. Hal yang pertama yaitu ketersediaan air. Ketersediaan air sepanjang musim perlu untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Untuk itu, sangatlah penting mengetahui kebutuhan air tanaman per harinya untuk menentukan seberapa besar kebutuhan air tanaman sepanjang musim. Dilahan-lahan kering pada musim kemarau, pembuatan embung merupakan inovasi yang sangat tepat dalam penyimpanan air selama musim kemarau. Balingtan telah menerapkan inovasi pemanfaatan air ini sehingga meskipun terjadi kemarau berkepanjangan, ketersediaan air untuk pertanaman masih cukup. Hal yang kedua yaitu pemanfaatan air. Meskipun air telah tersedia, namun jika tidak ada manajemen penggunaan air, maka air juga tidak akan mampu memenuhi kebutuhan tanaman. Disinilah peran teknologi untuk memanfaatkan air secara maksimal. Salah satunya dengan penggunaan sprinkel untuk menghemat tenaga dan biaya yang digunakan untuk penyiraman, serta pemanfaatan air dapat sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Oleh karena itu, tidak hanya kesadaran dari petani, namun dibutuhkan peran serta dari semua pihak untuk mewujudkan pertanian yang lebih maju di Indonesia. Disinilah peran Taman Sains Pertanian untuk menjadi alat pembelajaran bagi setiap masyarakat yang ingin mengembangkan pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Diharapkan untuk kedepannya, Balingtan mampu menciptakan teknologi-teknologi yang mampu mendukung program pemerintah di bidang Pertanian. (Admin Balingtan)