Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang Belajar Mengenal Pertanian Ramah Lingkungan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Balingtan menerima kunjungan siswa kelas 8 dan guru SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang, yang berjumlah  380 siswa SMP Kelas 8 dan  48 Bapak-Ibu guru pendamping. Tujuan kunjungan adalah mengenalkan para siswa tentang pertanian ramah lingkungan untuk objek penulisan karya tulis siswa. Para siswa dengan learning by doing terlihat sangat antusias saat mendengarkan paparan dari Kepala Balingtan dengan metode interaktif. Mereka sangat tertarik dengan topik perubahan iklim dan pertanian ramah lingkungan yang diperkenalkan oleh Balingtan.

Dalam kunjungan ini, para siswa di ajak untuk lebih mengenal bagaimana konsep pertanian berkelanjutan dan ramah lingkungan. Para siswa diajak berkunjung ke area TSP seperti surjan, laboratorium GRK, SITT, lokasi pembuatan biopestisida, biopori, kompos, dan silase. Program kunjungan di lapangan tersebut memberikan pengalaman baru bagi mereka, sekaligus memberikan pengetahuan tentang pertanian berkelanjutan yang ramah lingkungan, yang tidak mereka peroleh di bangku sekolah, system integrasi tanaman-ternak dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani, konservasi tanah sekaligus perbaikan produktivitas tanaman dengan sistem biopori, mengenal dan mencicipi aneka bahan pangan alternatif sumber karbohidrat selain beras (uwi, gembili, garut, singkong, ketela rambat, talus, ganyong), dan mengenal pengukuran gas rumah kaca sebagai penyebab pemanasan global.

Selain menggali pengetahuan, mereka menikmati kondisi alam terbuka yang bebas dari cemaran asap. Mereka sangat senang bisa berfoto dan melihat sapi secara dekat, mereka sangat bersemangat bertanya seputar sapi dan ternak lainnya. Hal yang tak kalah menariknya yaitu adanya stand penjualan produk-produk organik dari Balingtan dan produk lokal khas Pati. Seluruh peserta, baik guru maupun siswa terlihat menikmati jajanan khas pati dan Balingtan. Mereka terlihat puas dengan kunjungan pertama mereka ke Balingtan. Dan para peserta berharap dapat kembali lagi berkunjung ke Balingtan untuk belajar lebih mendalam terkait pengetahuan pertanian yang ramah lingkungan. (Admin Balingtan)