Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Termanfaatkannya Lumpur Sidoarjo untuk Media Tanaman Produktif

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Semburan Lumpur Sidoarjo merupakan peristiwa menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran Lapindo Brantas Inc. di Dusun Balongnongo Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada tanggal 29 Mei 2006. Sampai saat ini semburan lumpur masih berlangsung dan menyebabkan sekitar ± 700 ha tergenangnya kawasan permukiman, pertanian, dan perindustrian di 16 Desa pada 3 Kecamatan dan memengaruhi aktivitas perekonomian di Jawa Timur.

Kegiatan pengambilan sampel lumpur Sidoarjo oleh tim Taman Sains Pertanian (TSP) Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) untuk demplot (show window) Pemanfaatan Lumpur Sidoarjo untuk Peningkatan Produksi Pangan. Koordinasi pengambilan Lumpur Sidoarjo dilakukan dengan Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Bapak Ir. Moch. Soffian Hadi sebagai Deputi Bidang Operasi. Proses pengambilan sampel lumpur didampingi oleh Bapak Riko Aditya serta satuan pengamanan yang bertugas. Sekitar ± 1 ton Lumpur Sidoarjo diambil untuk kegiatan TSP Balingtan.

Pemanfaatan Lumpur Sidoarjo sebagai bahan pembenah tanah (amelioran) maupun media taman tanaman masih diperlukan pengkajian lebih lanjut. Kadar garam (salinitas) tinggi Lumpur Sidoarjo merupakan tantangan dalam pengelolaan lumpur menjadi media tanam tanaman yang dapat dimanfaatkan. Hasil penelitian terkait kandungan Lumpur Sidoarjo mengandung unsur hara makro seperti K, P, Ca dan Mg dan hara mikro seperti Fe, Na, Si, Cu, Zn dan Mn yang bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman. Tujuan dari kegiatan TSP Balingtan dengan penerapan demplot Pemanfaatan Lumpur Sidoarjo diharapkan dapat memberikan informasi teknologi pengelolaan Lumpur Sidoarjo sebagai bahan amelioran maupun media tanam tamanan pertanian maupun tanaman produktif lainnya. Harapan kedepan Lumpur Sidoarjo dapat termanfaatkan untuk media pertanaman tanaman produktif ataupun pertanian serta memberikan nilai manfaat terhadap warga di sekitar semburan lumpur. (Terry Ayu Adriany, S.Si-Balingtan)