Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Sinergi Penelitian dan Pengembangan Perubahan Iklim Sektor Pertanian

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Bertema Sinergi Penelitian dan Pengembangan Perubahan Iklim Sektor Pertanian Tujuan workshop adalah untuk (a) Mensosialisasikan kemajuan dan hasil-hasil penelitian perubahan iklim sektor pertanian lingkup Balitbangtan, (b) membangun sinergi penelitian dan pengembangan dalam aspek adaptasi dan mitigasi  perubahan iklim pada sektor pertanian, (c) membahas ketersediaan data dan tantangan dalam pengumpulan data aktivitas aksi mitigasi perubahan iklim di berbagai sub Sektor Pertanian, dan (d) mendapatkan umpan balik berkenaan dengan basis data mitigasi perubahan iklim, sebagai basis dalam perencanaan kegiatan tahun 2016.

Selama 2 hari dibahas kemajuan penelitian yang dilaksanakan oleh berbagai Puslit dan Balai Besar Lingkup Badan Litbang Pertanian dan dari BMKG serta dari CCROM-IPB. Dari pembahasan dan diskusi ini diharapkan agar meng-update apa yang telah dan akan dilakukan oleh berbagai lembaga untuk lebih meningkatkan kinerja dalam rangka adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Ir. Prihasto Setyanto, M.Sc menyampaikan paparan dengan judul : Emisi GRK Sektor Petanian (Progress dan Gap). Beliau menyampaikan bahwa emisi GRK dari sektor pertanian pada tahun 2014 telah mencapai 112,54 juta ton CO2-e. Dengan adanya mitigasi dari sektor pertanian yang meliputi kegiatan SLPTT, SRI, penggunaan varietas rendah emisi, Batamas dan UPPO maka ada reduksi emisi sebesar 17,48 juta ton CO2-e. (Ali Pramono, SP, M.Biotech/Admin Balingtan)