Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Uji Profisiensi Dengan Ruang Lingkup Residu Pestisida

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Acara ini Uji profisiensi ruamg lingkup residu pestisida ini dilaksanakan di Balai Pengujian Mutu Produk Tanaman (BPMPT) Jakarta tanggal 28-30 Oktober 2015 yang dihadiri 15 peserta dari 14 instansi/ laboratorium lingkup Kementerian Pertanian termasuk Laboratorium Balingtan (diwakili oleh Manajer Teknis) dan 1 perguruan tinggi yaitu Universitas Lampung. Uji profisiensi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kinerja laboratorium. Tujuan utamanya adalah untuk mengevaluasi unjuk kerja masing-masing laboratorium peserta dengan cara uji banding antar laboratorium.  Pada uji ini semua laboratorium peserta melaksanakan pengujian terhadap suatu contoh uji yang telah sama dan hasilnya dibandingkan terhadap hasil dari laboratorium lain. Contoh uji yang telah homogen didistribusikan kepada laboratorium peserta kemudia seluruh laboratorium menganalisis contoh tersebut secara serentak dan hasilnya kemudian dikumpulkan untuk diolah secara statistika.

Materi yang disampaikan pada acara ini antara lain: 1) Kebijakan program uji profisiensi bagi laboratorium penguji (KAN), 2) Metode pengujian residu pestisida, 3) Metode perhitungan data, 4) Mekanisme pelaporan uji profisiensi, dan 5) Kunjungan ke lab BPMPT.

Masih dalam standar SNI ISO/IEC 17043: 2010 dimana disebutkan manfaat yang didapat dalam melakukan uji profisiensi bagi sebuah laboratorium yaitu :

  1. Dengan data uji banding yang ada laboratorium mampu mendeteksi adanya penyimpangan pengujian (seperti: metode, peralatan, dan pelaksanaan pengujian), serta menemukan penyebab masalah yang terjadi dan cara koreksi perbaikan yang harus dilakukan
  2. Progran Uji Profisiensi merupakan salah satu sarana jaminan mutu hasil uji dalam laboratorium
  3. Untuk memenuhi persyarata KAN: untuk laboratorium yang sudah etrakreditasi dan maupun bagi lab yang akan mengajukan akreditasi
  4. Memberikan saran dan juga masukan bagi KAN: dalam memonitor, emmantau kinerja/ kemampuan/ kompetensi teknis laboratorium dan untuk dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam memberikan akreditasi kepada sebuah laboratorium.

Dengan mengikuti uji profisiensi ini, laboratorium Balingtan dapat menjaga dan menjamin kualitas dan keabsahan hasil uji kepada pelanggan sesuai dengan persyaratan akreditasi SNI ISO/IEC 17025: 2008 (Triyani Dewi, SP, M.Si/Admin Balingtan).