Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Studi Banding Balai Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPSDM TAN) di Balingtan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan mengenai hasil-hasil penelitian yang berkaitan dengan lingkungan, sebanyak 7 orang pegawai dari Balai Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPSDM TAN), Soropadan, Jawa Tengah, melakukan studi banding ke Balingtan. Peserta yang merupakan petugas teknis dan petugas fungsional BPSDM TAN yang khusus membidangi tentang teknologi pertanian. Dalam studi banding ini, Besar harapan para peserta untuk mendapatkan informasi secara langsung hasil penelitian yang telah di lakukan Balingtan.

Sebelum melakukan kunjungan lapang di Balingtan, para peserta mendapatkan materi yang disampaikan langsung oleh Bapak Kabalai mengenai tupoksi dari Balingtan serta beberapa hasil-hasil penelitian unggulan Balingtan. Para peserta kemudian melanjutkan kunjungan lapang didampingi oleh Bapak Kepala KP Balingtan untuk lebih mengenal teknologi-teknologi apa saja yang telah diterapkan di Balingtan guna mendukung sistem pertanian bioindustri yang berkelanjutan. Para peserta berkunjung ke sistem surjan, kawasan sayuran organik, filter inlet outlet, laboratorium GRK, biochar, hingga ke sistem integrasi tanaman ternak yang ada di Balingtan.

Para peserta sangat antusias dan sangat terkesan dengan  teknologi dan hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam bentuk jurnal, juknis, ataupun leaflet oleh Balingtan. Para peserta BPSDM TAN melalui studi banding ini menyampaikan rasa terima kasih mereka karena telah mendapat ilmu yang luar biasa dari Balingtan. Dan untuk kedepannya, mereka berharap dapat melakukan pelatihan mengenai teknologi budidaya tanaman serta integrasi tanaman dan ternak di Balingtan. (Admin Balingtan)