Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Ruang Hijau Taman Sains Pertanian Balingtan yang Menyehatkan dan Menggunakan Teknologi Ramah Lingkungan Berkelanjutan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Dalam melaksanakan tugas aktivitas sehari-hari, karyawan-karyawati Balai sering mengalami kepenatan dan ketegangan untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Dalam ilmu psikologi jiwa kondisi tersebut mengarah pada istilah stress. Banyak hal yang dapat memicu terjadinya stress baik yang muncul dari diri individu (karakteristik bawaan) maupun lingkungan. Kondisi stress sangat mengganggu aktivitas kerja, oleh karena itu perlu upaya untuk mengatasi atau mengurangi permasalahan tersebut. Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengurangi masalah stress, antara lain: menghirup udara segar, menikmati panorama alam atau hijaunya pemandangan, dan olah raga

Lingkungan yang asri adalah lingkungan yang nyaman dan menyejukan. Balai Penelitian Lingkungan Pertanian yang terletak di agroekologi lahan sawah tadah hujan mengembangkan Taman Sains Pertanian yang didesain tidak hanya untuk wahana pendidikan dan pelatihan inovasi teknologi pertanian ramah lingkungan tetapi juga menata kenyaman dan keasrian bagi karyawan dan pengguna. Berbagai tanaman hortikultura dikembangkan selain tanaman pangan seperti sayuran, buah-buahan, dan tanaman hias yang ditanam dengan memperhatikan fungsi dan estetikanya. Keberadaan gazebo/saung dan kolam di sudut taman mempercantik taman Balingtan. Di sekeliling taman dilengkapi dengan area jalan santai sekaligus refleksi kaki. Berjalan sejenak di bawah rindangnya pepohonan dan hijaunya tanaman, melepaskan penat seharian bekerja, dan beraktivitas dapat membantu mengurangi beban kerja dan stress selain itu dapat menjadi tempat untuk mendapatkan sumber inspirasi. Bila ingin membuktikan, silahkan berkunjung di Taman Sains Pertanian Agroekologi Lahan Sawah Tadah Hujan yang berlokasi di Jakenan, Kabupaten Pati, Prov. Jawa Tengah. (Rina Kartikawati, SP/Admin Balingtan)