Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Pelatihan Statistik Untuk Peneliti Dan Calon Peneliti Balingtan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Untuk meningkatkan kemampuan dalam mengolah dan menganalisa data statistik maka diselenggarakan pelatihan statistik untuk peneliti dan calon peneliti di lingkungan Balai Penelitian Lingkungan Pertanian. Pelatihan dilakukan selama 4 hari dari tanggal 16-20 Januari 2016 yang bertempat di gedung peneliti. Di Balingtan terdiri dari 2 kelompok peneliti : yaitu EP3 (Evaluasi dan Penanggulangan Pencemaran Pertanian) dan EAGRK (Emisi dan Absorbsi Gas Rumah Kaca). Materi yang dikonsultasikan dan dibahas yaitu mengenai 1.) Penelitian remediasi logam berat Pb, Cd, dan Co pada percobaan plot rumah kaca, 2.) Identifikasi status pencemaran residu pestisida pada lahan pertanian di Indonesia oleh Kelti EP3 pada hari pertama dan ke-2, sedangkan 3.) Penelitian dinamika karbon pada SITT mendukung pertanian bioindustri berkelanjutan, 4.) Penelitian Faktor emisi GRK dari lahan pertanian,  dan 5.) Penelitian dinamika GRK dari varietas padi di tanah mineral lahan sawah pada pertanaman GPPTT data manual dan otomatis disampaikan oleh Kelti EAGRK pada hari ke-3 dan ke-4. Pada hari ke-5 dipresentasikan hasil pengolahan data dari hasil penelitian yang telah dibahas hari sebelumnya.

Pelatihan statistik ini di bimbing oleh Prof (Riset) Dr. Ir. Karim Makarim, MSc. Beliau sebagai Peneliti Utama dalam bidang Ekofisiologi dan Ilmu Tanah yang bekerja pada Kelompok Peneliti Analisis Kebijakan Tanaman Pangan (ANJAK) di Puslitbang Tanaman Pangan. Dengan pelatihan ini diharapkan peserta mampu meningkatkan pengetahuan dalam mengolah dan menganalisa data, meningkatkan dalam menginterpretasikan data, menarik kesimpulan yang sesuai dengan hasil pengolahan data, sehingga akhirnya mampu memperbaiki kualitas dari karya tulisan ilmiah, serta menghasilkan bahan publikasi yang kedepannya lebih baik lagi sehingga dapat menembus publikasi Internasional. (Admin Balingtan)