Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Gelar Taman Teknologi Pertanian Sedong Cirebon, Dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Daerah yang Berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Serta Inovasi

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Gelar teknologi di TTP Sedong Cirebon Jawa Barat  dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 28 s/d 29 Januari 2016 yang di buka oleh Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM.,M.Si  melakukan penanaman pohon mangga gedong  gincu bersama Wakil Ketua DPR RI Komisi IV Drs. H. Ir. Herman Khaeron, M.Si  dan Kepala Badan Pelatihan dan Pengembangan Pertanian (Litbang) Kementerian Pertanian Republik Indonesia  Dr. Ir. Muhammad Syakir, M.S dalam acara Gelar Teknologi Pertanian di  Taman Teknologi Pertanian (TTP), Kamis (28/01/2016) di Desa Windujaya Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon. Dalam acara tersebut berlangsung pemberian kambing, pohon mangga gedong  gincu dan benih padi secara simbolis diserahkan oleh Bupati Cirebon, Wakil Ketua DPR RI Komisi IV dan Kepala Badan Litbang Kementerian RI kepada  kelompok tani Desa Windujaya Kecamatan Sedong. Acara gelar teknologi pertanian ini juga diisi dengan temu wicara antara antara masyarakat dengan Bupati Cirebon, Wakil Ketua DPR RI Komisi IV dan Kepala Badan Litbang . Bupati mengatakan  bahwa TTP Sedong dapat mendorong proses penerapan teknologi oleh petani Cirebon untuk meningkatkan produksi dan mutu hasil pertanian Cirebon yang memiliki : padi sawah 89.952 ha dengan kapasitas produksi gabah kering 576.751 ton/tahun, cabe besar 510 ha dengan kapasitas produksi 4.105 ton/tahun, kacang hijau 1796 ha  dengan kapasitas produksi 2.346 ton/tahun, bawang merah 4.085 ha dengan kapasitas produksi 39.572 ton/tahun, mangga gedong gincu 3.953 ha dengan kapasitas produksi 16.612 ton/tahun, jambu biji 2.820 ha dengan kapasitas produksi 9.550 ton/tahun tebu 7.441, 54 ha dengan kapasitas produksi 532.894, 32 ton/tahun jamur merang 201 kumbung dengan kapasitas produksi 212 ton/tahun.

Gelar teknologi Pertanian oleh Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia diharapkan mampu mendorong dan memotivasi para petani, baik swasta untuk menggunakan inovasi tersebut dalam rangka mendukung upaya  peningkatan ekonomi daerah yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi serta inovasi dalam rangka peningkatan daya saing bangsa dan nilai tambah. Sehingga kami berharap proses penyerapan inovasi teknologi pertanian yang telah dikaji oleh Badan Litbang ini dapat diadopsi dan diterapkan oleh masyarakat guna peningkatan produksi, produktivas, dan mutu hasil pertanian yang berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat serta penumbuhan perekonomian di Kabupaten Cirebon. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Dr Muhammad Syakir menjelas bahwa Kementerian Pertanian tahun 2016 membangun 22 Taman Teknologi yang meliputi enam Taman Sains Pertanian dan enam belas Taman Teknologi Pertanian untuk mewujudkan  salah satu Nawacita Bapak Presiden Joko Widodo.  Dan Salah satu dari enam belas Taman Teknologi Pertanian terletak di Kabupaten Cirebon, Kecamatan Sedong tepatnya di Desa  Windujaya.

TTP merupakan bagian dari kegiatan diseminasi teknologi pertanian yang dihasilkan oleh para peneliti Balitbangtan maupun Perguruan Tinggi.  Fokus penyebaran teknologi di TTP Sedong antara lain : budidaya dan pengolahan mangga, buah naga, kambing, padi, dan beberapa komoditi hortikultura lainnya. Selaras dengan komoditas strategis Kabupaten Cirebon, ikon dari pembangunan TTP Sedong adalah mangga gedong gincu.  Hal ini mengingat Kabupaten Cirebon merupakan sentra mangga gedong yang mampu menghasilkan mangga gedong gincu kualitas ekspor. Salah satu target utama TTP Sedong adalah menguatkan peran Kabupaten Cirebon khususnya Kecamatan Sedong untuk dapat menghasilkan mangga gedong gincu kualitas ekspor yang berkelanjutan dan mensejahterakan petani.  Selain mangga gedong gincu, komoditas strategis lainnya adalah padi dan ternak domba.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Ir. Herman Khaeron, MSi menyampaikan komitmennya dalam memajukan pertanian di Indonesia khususnya di Kabupaten Cirebon.  Untuk itu Balitbangtan didorong untuk mengembangkan ruang geraknya dalam menyebarluaskan teknologi pertanian melalui taman teknologi pertanian. Pembangunan TTP Sedong dilakukan oleh Kementerian Pertanian dalam hal ini Balitbangtan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Cirebon dan stakeholders lainnya, khususnya dari kelompok akademisi, yaitu Perguruan Tinggi (Unswagati dan Unpad). Sebagai pusat kegiatan di TTP Sedong, telah dibangun sarana prasarana pelatihan dan show window inovasi pertanian yang berada di Blok Kalampayan Desa Windujaya, Kecamatan Sedong. Sarana prasarana yang telah disiapkan di antaranya adalah: ruang serba guna, kantor pengelola (manajemen), gedung alsin, gedung pakan, gedung pengolahan, gedung Rice Milling Unit (RMU), dan kandang ternak sapi.