Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Anco, Jaring Angkat (Lift Nets) yang Efektif untuk Menangkap Ikan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Admin Balingtan - Lingkungan Taman Sains Pertanian di Jakenan, Pati terdapat beberapa embung (rain water collector) yang dapat dimanfaatkan untuk budidaya ikan. Yang menjadi pertanyaan bagaimana mengambil ikan sebelum air embung susut.

Di lahan tadah hujan, air embung bernilai tinggi sehingga menguras air embung untuk panen ikan menjadi keniscayaan.

Salah satu inovasi yang banyak dikembangkan masyarakat adalah jaring angkat penangkap ikan atau anco.

Alat ini telah lama dikenal oleh nelayan dan masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah perairan. Alat ini diadakan di TSP untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita semua mengenai alat penangkap ikan yang tidak membahayakan lingkungan.

Anco adalah alat penangkap ikan yang termasuk dalam kelompok jaring angkat (lift nets).

Jaring angkat merupakan kelompok alat penangkapan ikan yang terbuat dari bahan jaring berbentuk segi empat dilengkapi rangka yang terbuat dari bambu atau bahan lainnya, yang dioperasikan dengan cara dibenamkan pada perairan dan kemudian diangkat ke permukaan.

Jenis alat penangkapan ikan ini sesuai dengan standar internasional untuk penggolongan statistik alat penangkapan ikan. Di negara lain, alat ini biasa dikenal dengan sebutan Scoop net atau Scoop basket.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat anco antara lain bambu atau bahan sejenisnya, jaring/waring, tambang, dan kawat.

Ukuran dari alat ini di sesuaikan dengan kebutuhan dan luas area perairan, namun pada umumnya digunakan ukuran sekitar 6 m X 6 m.

Dalam proses pembuatannya di butuhkan berbagai pertimbangan seperti kapasitas perangkap dan kemampuan tuas saat mengangkat beban untuk mengetahui berat beban yang mampu di angkut dalam sekali pengoperasiannya.

Dalam pengoperasiannya hanya dibutuhkan satu orang saja. Alat ini dinilai lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan penggunaan alat pancing ataupun dengan menggunakan bom ikan.

Pada lokasi budidaya ikan atau udang, anco memiliki banyak fungsi, yaitu berfungsi untuk mendapatkan informasi tentang ikan atau udang. Yang utama adalah untuk mengontrol nafsu makan dan untuk menentukan porsi pakan. Fungsi lainya untuk mengetahui kesehatan ikan atau udang. (Admin Balingtan)