Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Padi Tahan Rendaman

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Di sektor pertanian, perubahan iklim berdampak antara lain terhadap pergeseran musim tanam, dan frekuensi terjadinya banjir. Akibat perubahan iklim, siklus banjir di sepanjang pantai utara (pantura) Jawa Tengah terutama bagian timur makin rapat, yaitu siklus banjir yang terjadi setiap 5 tahunan kini menjadi 2 tahunan.

Banjir di kawasan pantura seringkali menggenangi areal persawahan saat padi dalam fase generatif dan masak penuh/ kondisi siap panen dimana tanaman padi tersebut ditanam pada musim tanam pertama (Oktober-Maret).

Makin rapatnya banjir tiap tahun tentuakan menyebabkan kerugian bagi petani yang areal sawahnya terkena banjir.

Air banjir biasanya menggenangi areal persawahan secara periodik selama10 hari dengan ketinggian air 90-100 cm.

Sebagai antisipasi terjadinya banjir, Kementerian Pertanian melalui Balitbangtan telah melepas beberapa varietas padi yang memiliki keunggulan sebagai padi yang tahan rendaman atau tahan banjir.

Beberapa varietas tersebut diperagakan dengan demplot padi yang tahan rendaman dalam Taman Sains Pertanian di Balingtan sebagai media diseminasi kepada masyarakat tani dan penyuluh. Beberapa varietas yang diujikan antara lain : Situbagendit, Towuti, Batu Tegi, Inpago 8, Inpago 9, Ciherang (sebagai kontrol).

Pada musim tanaman I tahun 2015/2016 memperlihatkan bahwa semua varietas yang diuji memiliki ketahanan terhadap rendaman. Varietas padi ini layak dikembangkan di kawasan pantura atau daerah lain yang sering terkena banjir musiman kurang dari 10 hari terendam dengan ketinggian 90 cm.

Dengan menerapkan varietas padi yang tahan rendaman/banjir,  petani diharapkan tidak mengalami kerugian akibat bencana ini, sekaligus memberikan kontribusi terhadap ketahanan dan surplus  pangan/beras. (Admin Balingtan)