Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Penerapan Konsep Pertanian Ramah Lingkungan di Nunukan, Kalimantan Utara

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Taman Sains Pertanian Balingtan mendapatkan kunjungan dari para penyuluh pertanian dan kehutanan dari Kabupaten Nunukan yang dikoordinasikan oleh Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Daerah Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara.

Kunjungan 11 Penyuluh dari Kab. Nunukan dipimpin oleh Plt Badan Ketahanan Pangan (Ir. Supriyanto HP, MSi), bertujuan untuk mencari informasi teknologi tepat guna di lahan tadah hujan yang bisa diaplikasikan di Nunukan.

Beberapa pulau di Kab Nunukan, Kalimantan Utara mempunyai karakteristik mirip dengan kondisi lahan tadah hujan di Jakenan, Jaken, Pucak wangi (Kab. Pati), sehingga teknologi embung menjadi fokus kunjungan kali ini.

Embung di Nunukan kebanyakan dibuat di daerah cekungan, air hujan di alirkan di cekungan tersebut. Kendalanya adalah sering terjadi erosi di tepian embung.

Berbeda dengan apa yang dilihat di Balingtan, embung dibangun pada daerah yang rata dengan menggali tanah dan pemadatan di bagian tepi sehingga erosi di tepi embung bisa diminimalkan.

Selain embung, proses integrasi tanaman dengan ternak yang zero waste menjadi salah satu inspirasi pengembangan pertanian terintegrasi di Kab. Nunukan. Proses penyerapan informasi pertanian yang ramah lingkungan akan coba diterapkan di Nunukan sesuai dengan kearifan lokal Nunukan. (Admin Balingtan)