Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Peternak Sapi dan Kambing Grobogan Belajar mengolah Limbah

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Manajemen limbah ternak yang baik dan bernilai ekonomis memberikan manfaat bagi lingkungan. Pemanfaatan limbah ternak untuk kegiatan usaha tani pertanian tentu memberikan keuntungan tambahan bagi peternak.

Kotoran ternak dimanfaatkan sebagai pupuk organik dan sumber energi ramah lingkungan yang berupa biogas. Urin ternak dapat dipakai sebagai pupuk cair dan sebagai bahan baku pembuatan biopestisida.

Peternak sapi dan kambing dari Grobogan yang tergabung dalam kelompok ternak Berkah Mandiri mengikuti bimbingan teknis tentang pengelolaan limbah ternak di Balai Penelitian Lingkungan Pertanian.

Sebanyak 30 orang peserta dengan antusias belajar bagaimana cara pengolahan limbah ternak yang baik dan ekonomis.

Peternak diajak untuk melihat bagaimana proses manajemen limbah ternak di Balingtan, mulai dari pembuatan pupuk organik, biopestisida, pembelajaran mengenai instalasi biogas, dan pemanfaatan hasil samping biogas berupa bioslurry yang  dimanfaatkan dalam sistem biopori untuk menjaga kelembaban/kelengasan tanah, sumber hara bagi tanaman, dan memperbaiki struktur tanah. (Admin Balingtan)