Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Evaluasi Proposal Penelitian 2017

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

 

Balingtan - Peningkatan kualitas penelitian terus dilakukan oleh Balai Penelitian Lingkungan Pertanian. Upaya tersebut salah satunya dijabarkan dalam pelaksanaan “Evaluasi proposal penelitian dan diseminasi teknologi pengelolaan lahan pertanian ramah lingkungan tahun 2017”.

Peningkatan kualitas proposal penelitian sangat penting karena akan menentukan kualitas hasil penelitian dan publikasi ilmiah.

Kegiatan evaluasi tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 13 Maret 2017 di auditorium Balingtan dihadiri oleh penanggung jawab kegiatan penelitian dan peneliti-peneliti dari dua kelompok peneliti (kelti), yaitu kelti Evaluasi dan Penanggulangan Pencemaran Pertanian (EP3) dan kelti Emisi dan Absorbsi Gas Rumah Kaca (EAGRK).

Kegiatan evaluasi terdiri dari pembukaan dan arahan; presentasi dari masing-masing penanggung jawab kegiatan; diskusi dan penyampaian saran dari peneliti yang lain; pembahasan dan penutup.

Evaluasi dilakukan pada lima kegiatan penelitian, yaitu (1). Penelitian delineasi dan penanggulangan pencemaran residu bahan agrokimia di lahan sawah dan hortikultura, (2). Penelitian teknologi remediasi cemaran pestisida dan logam berat di lahan sawah dan hortikultura, (3). Penelitian identifikasi dan pencemaran residu bahan agrokimia dan logam berat di lahan sawah dan hortikultura, (4). Penelitian adaptasi-mitigasi terhadap keragaman dan perubahan iklim di lahan sawah tadah hujan mendukung pencapaian swasembada pangan, (5). Penelitian dinamika emisi gas rumah kaca di lahan pertanian (lahan sawah, hortikultura dan perkebunan).

Selain itu juga dilakukan evaluasi terhadap kegiatan Diseminasi teknologi pengelolaan lahan pertanian ramah lingkungan. (Admin Balingtan)