Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Wisata Edukasi Siswa TK Dharma Wanita Tambak Agung

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Berwisata merupakan salah satu agenda rutin yang dijadwalkan oleh TK Dharma Wanita Tambak Agung, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang setiap tahun. Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan dan menambah pengetahuan anak-anak pada kegiatan di luar sekolah sekaligus mendekatkan anak-anak pada alam sekitarnya.

Lokasi berwisata kali ini lain daripada yang lain, karena jika kesempatan sebelumnya mereka berwisata di tempat rekreasi seperti pantai atau taman bermain, kali ini mereka mengunjungi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) untuk melakukan wisata edukasi. Lokasi Balingtan tidak jauh dari TK Dharma Wanita meskipun keduanya berada di wilayah kabupaten yang berbeda.

Jarak Balingtan yang berada di kecamatan Jaken, kabupaten Pati, dengan TK Dharma Wanita hanya ± 14 km. Dengan menggunakan dua gerbong kereta wisata, anak-anak antusias mengunjungi Balingtan.

Wisata edukasi di Balingtan dimulai dengan memperlihatkan sawah dan beberapa kegiatan yang sedang dilakukan; memperkenalkan “embung” dan budidaya ikan; menjelaskan beberapa contoh buah-buahan dan sayuran yang ditanam di Kebun Percobaan Balingtan dan lokasi yang sangat menarik anak-anak adalah kawasan sistem integrasi tanaman dan ternak (SITT).

Anak-anak berkesempatan melihat ternak sapi lebih dekat di kawasan SITT dan selanjutnya melihat ternak kambing. Akhir perjalanan wisata edukasi ditutup dengan menyanyi bersama. (Admin Balingtan)