Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Berbagi Wawasan tentang Pertanian Ramah Lingkungan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Balingtan menerima kunjungan dari Siswa-siswi Kelas VI SD Pati Kidul 01 tepatnya sebanyak 104 peserta yang terdiri dari siswa dan para guru. Dalam kunjungan ini, para peserta belajar mengenai pengelolaan pertanian dan peternakan ramah lingkungan. Kedatangan mereka disambut Bapak Dr.Ir. Prihasto Setyanto, M.Sc (Kepala Balai Penelitian Lingkungan Pertanian). Sebelum melihat secara langsung konsep pertanian ramah lingkungan, para peserta memperoleh materi mengenai Balingtan dan Taman Sains Pertanian.

Para peserta diajak berkeliling melihat berbagai teknologi yang berkaitan dengan pertanian ramah lingkungan. Para peserta diajak mengunjungi demplot surjan, rumah kasa, lysimeter, demplot fitoremediasi, embung, dan kawasan sistem integrasi tanaman ternak. Program kunjungan lapangan ini memperkenalkan secara langsung berbagai teknologi modern untuk ketersediaan pangan yang sekaligus melestarikan atau tidak membahayakan lingkungan kita.

Dalam kunjungan ini, para siswa sangat antusias dalam mempelajari bagaimana sistem pertanian dan peternakan yang ramah lingkungan. Para siswa juga sangat antusias melihat secara langsung konsep dari pemanfaatan biogas, sludge, dan biochar. Mereka sangat tertarik dengan konsep integrasi tanaman- ternak. Ciri utama dari integrasi tanaman-ternak yaitu adanya keterkaitan yang saling menguntungkan antara tanaman dan ternak, mulai dari pemanfaatan limbah pertanian maupun limbah ternak untuk diolah dan selanjutnya dimanfaatkan kembali oleh tanaman dan ternak. Pengenalan konsep sistem integrasi tanaman-ternak ini diharapkan mampu memperluas pengetahuan mereka, dan meningkatkan kecintaan mereka terhadap lingkungan dimulai dari bangku sekolah dasar. (Admin Balingtan)