Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Pelatihan Pengambilan Sampel Gas Rumah Kaca (GRK) Untuk Penyuluh Dan Petani Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga Dan Purwokerto

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) bekerjasama dengan ICRAF (International Center for Research on Agroforestry) sejak Juli 2015 melaksanakan salah satu komponen kegiatan dari proyek Carbon Efficient Farming through Iimplementation of Sustainable Climate-smart Practices in Paddy Rice in Indonesia.

Dalam kerja sama tersebut, Balingtan mendapatkan tugas untuk melakukan pengukuran emisi gas rumah kaca GRK pada sistem sawah yang ada di Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga dan Purwokokerto. Pengukuran gas rumah kaca di lahan sawah juga akan dilakukan secara mandiri oleh petani dan penyuluh setempat.

Berkaitan dengan hal tersebut, pada tanggal 2 Juni 2016 sebanyak 25 orang yang terdiri dari penyuluh, petani, GIZ GELAMAI berkunjung ke Balingtan dan berlatih pengukuran gas rumah kaca di lahan sawah.

Acara dimulai dengan sambutan selamat datang dari Balingtan yang dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara dan GIZ-Gelamai. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dan diskusi interaktif dua arah termasuk perkembangan kondis lapang percobaan di kedua Kabupaten.

Selanjutnya, peserta berkesempatan melihat fasilitas Balingtan. Penjelasan mengenai pertanian ramah lingkungan yang diaplikasikan di Balingtan disambut dengan antusias oleh peserta.

Acara puncak yang ditunggu-tunggu oleh peserta adalah praktek cara pengambilan sampel GRK dari lahan sawah. Peserta dijelaskan tahap-tahap dalam pengambilan sampel, mulai dari persiapan sampai dengan penanganan sampel yang telah diambil.

Selanjutnya, peserta mendapatkan penjelasan proses analisa sampel gas di Laboratorium GRK  sekaligus melihat fasilitas labratorium. Peserta antusias mendengarkan penjelasan sampai selesai. (Admin Balingtan)