Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Diskusi Interaktif Perkembangan Taman Sains Pertanian (TSP) Balingtan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Komunikasi merupakan salah satu komitmen berinteraksi secara vertikal maupun horizontal dalam mengawal pengembangan Taman Sains Pertanian di Balingtan. Salah satu bentuk komunikasi adalah melalui rutinitas diskusi untuk membahas rencana, capaian, dan kendala yang mungkin terjadi.  Perkembangan TSP Balingtan yang dilanjutkan dengan diskusi interaktif.

Pada kesempatan yang baik tersebut, Kepala Balai (Dr. Prihasto Setyanto) mengingatkan kembali keberadaan TSP, yaitu sebagai wahana untuk menularkan/mengajarkan inovasi teknologi unggulan lahan tadah hujan ramah lingkungan di kepada orang lain agar mampu menjadi pengusaha dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. TSP yang dibangun di Balingtan harus menjadi inkubator bagi pengusaha pemula yang tertarik untuk menekuni usaha bidang pertanian. Saat ini TSP Balingtan telah menjadi Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan (LTH-RL).

Untuk memantau perkembangan kegiatan dalam TSP, masing-masing koordinator lapang (korlap) dari lima komoditas utama (pengelolaan padi, jagung, kedelai/sorghum, ternak sapi, tebu) dan 15 kegiatan pendukung menyampaikan laporan kegiatan yang telah dilaksanakan dan rencana kegiatan ke depan terutama pada musim kering dan awal musim penghujan. Rencana kegiatan tersebut menjadi acuan untuk masing-masing korlap beserta tim untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Diskusi menarik dan interaktif terjadi antara Bapak ka Balai sebagai moderator dengan korlap kegiatan TSP sebagai penyaji beserta anggotanya. Diskusi tersebut diharapkan dapat menggali ide, masukan dan memperoleh solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing kegiatan. (Admin Balingtan)