Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Inisasi Kerjasama Universitas Dian Nuswantoro Semarang dan Balingtan melalui Kunjungan Lapang

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Salah satu misi dari Balingtan adalah “Mengembangkan jejaring kerjasama nasional dan internasional (networking) dalam rangka penguasaan sains dan teknologi pengelolaan lingkungan pertanian (scientific recognition) serta pemanfaatannya dalam pembangunan pertanian (impact recognition)”. Oleh karena itu sebagai upaya akselerasi penyebaran hasil penelitian, Balingtan memperluas jejaringnya ke berbagai institusi termasuk dunia pendidikan.

Kunjungan lapang kelima belas mahasiwa dari program peminatan Kesehatan Lingkungan, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang yang didampingi oleh tiga dosen dan satu exchange professor dari Kroasia merupakan tindak lanjut dari Kuliah Umum yang disampaikan oleh Bapak Dr. Ir. Prihasto Setyanto, M.Sc. (Kepala Balingtan) pada tanggal 27 September 2016 di kampus Udinus Semarang.

Rombongan mahasiswa dan dosen disambut oleh Bapak Kepala Balingtan yang dilanjutkan dengan perkenalan sekilas tentang Balingtan dan perkembangannya dalam permasalahan lingkungan pertanian saat ini.

 Pesan mendalam disampaikan oleh perwakilan dosen Udinus bahwa permasalahan kesehatan lingkungan tidak hanya berkutat pada human, disease and vector, namun sudah saatnya harus open minded, banyak faktor di sekeliling kita yang dapat diangkat menjadi topik riset.   Salah satu topik penelitian yang menarik adalah mengenai pestisida dan kesehatan manusia.

Kunjungan mahasiswa Udinus ke Balingtan bertujuan untuk memperkenalkan sisi lain dari kesehatan lingkungan dilihat dari aspek pengelolaan pertanian. Dengan melakukan kunjungan tersebut, mahasiswa diharapkan dapat lebih peka terhadap permasalahan kesehatan lingkungan dan menambah wawasan dalam penajaman topik penelitian.

Fokus kunjungan mahasiswa semester tujuh tersebut adalah perpustakaan, laboratorium terpadu dan laboratorium gas rumah kaca. Selain itu juga berkunjung ke lokasi SITT dan pembuatan pestisida nabati.

Meskipun lokasi kunjungan tidak secara langsung berhubungan dengan program peminatan yang diambil, namun kunjungan ke beberapa lokasi di Balingtan dapat menjadi inspirasi dan mengembangkan daya imajinasi mahasiswa untuk menghasilkan ide kreatif yang dapat dituangkan dalam penelitiannya.  (Admin Balingtan)