Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

BAPPEDA Kab. Banjarnegara dan Kelompok Tani Sidodadi II dalam Menambah Wawasan di TSP Jakenan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Dalam rangka menambah wawasan pemgelolaan pertanian spesifik lokasi, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah berkunjung ke Taman Sains Pertanian (TSP) Jakenan pada hari Kamis, 3 November 2016. Secara khusus, kunjungan tersebut bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pengembangan bidang pertanian dan informasi mengenai best practice yang telah dilaksanakan oleh Badan Litbang Pertanian. Bersama dengan Bappeda, hadir juga Dinas Pertanian Kab. Banjarnegara dan Kelompok Tani Sidodadi II yang didampingi oleh GIZ sebagai mitra kerjasama penelitian pertanian ramah lingkungan.

Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari keberhasilan demplot Climate Smart Agriculture (CSA) yang dirintis di tiga kabupaten, yaitu Banjarnegara, Purbalingga dan Banyumas. Peningkatan produksi padi dengan teknologi ramah iklim dari Balingtan mendorong petani untuk menerapkannya di sekitar lokasi CSA.

Pada kesempatan tatap muka di auditorium Gedung Peneliti, sharing informasi dua arah terjadi dalam diskusi yang dinamis mulai dari isu perubahan iklim, peran pertanian hingga persoalan yang dihadapi petani pada umumnya. Beberapa masukan dan solusi terkait dengan permasalahan yang diangkat menjadi point penting dalam diskusi tersebut. Namun pada akhirnya kebijakan pemerintah-lah yang menjadi pangkal pemecahan masalah yang dihadapi oleh petani. (Admin Balingtan)