Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Asosiasi Peternak Sapi Perah, Sapi Potong dan Ternak Kambing Kabupaten Magelang dalam Mengembangkan Model Integrasi Tanaman-Ternak

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Integrasi tanaman dan ternak merupakan sistem pertanian berbasis lingkungan yang banyak diminati kelompok-kelompok tani. Taman Sains Pertanian (TSP) Jakenan, mengembangkan model Integrasi Tanaman-Ternak baik tanaman pangan (padi, jagung dan sorgum) maupun perkebunan (tebu). Perbaikan kualitas pakan dari limbah pertanian secara ramah lingkungan dilakukan untuk memperbaiki memperbaiki kualitas ternak. Pakan yang disediakan untuk ternak di TSP Jakenan berbahan baku lokal dan diperkaya dengan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh ternak.

Model yang dikembangkan dalam TSP Jakenan menarik minat para Asosiasi Peternak Sapi Perah, Sapi Potong dan Ternak Kambing dari Kabupaten Magelang dan melakukan kunjungan hari Kamis 3 November 2016. Didampingi staf dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang, sebanyak 40 peternak yang tergabung dalam asosiasi tersebut berbagi pengetahuan dalam pengelolaan pakan ternak yang ramah lingkungan. Diskusi interaktif dengan masukan yang konstruktif berlangsung selama 1,5 jam yang sebelumnya diperkenalkan tentang Balingtan dan TSP Jakenan.

Pemanfaatan biogas untuk skala luas di kelompok petani, pembuatan silase, pemanfaatan limbah ternak untuk pupuk organik dan pembuatan pestisida nabati berbahan baku local menjadi bahan diskusi interaktif selama kunjungan. Pengunjung juga mempertanyakan bagaimana efek pemeliharaan ternak dalam rumah dan pembuatan kompos sederhana oleh petani dengan ternak sedikit.  

Kunjungan dilanjutkan dengan praktek pembuatan kompos, pestisida nabati dan silase dari limbah biomassa jagung.  (Admin Balingtan)