Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Studi Banding Kelompok Tani Demak dalam Konsep Pertanian Ramah Lingkungan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Dalam upaya menambah wawasan dan pengetahuan petani dan tokoh masyarakat dalam berusaha tani modern dan berwawasan lingkungan yang baik. Dengan rombongan berjumlah sekitar 50 orang, yang terdiri dari Dinas Pertanian Demak, BappelukKP, Muspika Bonang (Kecamatan, Koramil, Polsek), Penyuluh/POPT, Kelurahan, tokoh masyarakat, dan kelompok tani desa Poncoharjo Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak berkunjung ke Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan).

Secara khusus, kunjungan tersebut bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pengembangan bidang pertanian dan informasi mengenai best practice yang telah dilaksanakan oleh Badan Litbang Pertanian.

Pada kesempatan tatap muka di auditorium, sharing informasi dua arah terjadi dalam diskusi yang dinamis mulai dari konsep pertanian berkelanjutan, peran pertanian hingga persoalan yang dihadapi petani pada umumnya. Beberapa masukan dan solusi terkait dengan permasalahan yang diangkat menjadi point penting dalam diskusi tersebut.

Setelah pemaparan dilanjutkan kunjungan lapang untuk melihat pertanian ramah lingkungan, diantaranya sistem surjan, kawasan sayuran organik, pemanfaatan rumah kasa, pemanfaatan lysimeter, FIO  (Filter Inlet Outlet) dan manfaatnya, embung, pemupukan jangka panjang, teknik pembuatan biochar dari limbah pertanian tongkol jagung, dan pemanfaatannya, serta padi toleran rendaman. Para tamu sangat antusias dan mempunyai semangat yang tinggi dan sangat tertarik dengan varietas padi toleran rendaman karena banyak di daerah demak yang terendam air .

Dengan adanya pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman dari Kelompok tani wilayah Demak tentang pertanian ramah lingkungan yang berkelanjutan. Balingtan berharap kunjungan lapang ini banyak bermanfaat dan dapat memotivasi kelompok tani lainnya untuk lebih maju (Admin Balingtan)