Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Menumbuhkan Kecintaan Anak Usia Dini Terhadap Pertanian Ramah Lingkungan

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Mengenalkan alam dan lingkungan sekitarnya sdini mungkin pada anak-anak niscaya akan tertanam semangat memiliki di kemudian hari. Dalam rangka menumbuhkan kecintaan anak-anak pada lingkungan sekitar, sebanyak 70 siswa-siswi yang didamping 12 orang guru bercaping gunung dari Kelompok Bermain Al-Jauhariyyah Muslimat NU, Kajen Morgoyoso, Kabupaten Pati berkunjung ke Taman Sains Pertanian Jakenan.

Anak-anak diajak untuk belajar mengenal aneka flora dan satwa di sekitar mereka sambil menikmati keindahan kawasan pertanian ramah lingkungan, TSP Jakenan.

Pada kesempatan kali ini, anak-anak diperkenalkan berbagai tanaman dan hewan yang ada di kawasan TSP seperti pohon mangga yang tumbuh subur di demplot surjan, padi, jagung, pohon jambu, serta berbagai hewan yang ada di kawasan SITT, seperti ayam, itik, sapi, dan kambing.

Jika biasanya, anak-anak diperkenalkan berbagai tanaman di atas kendaraan wisata, kali ini anak-anak diajak untuk berjalan kaki menyusuri kawasan TSP Jakenan diselingi dengan bernyayi ria. Meskipun melelahkan, anak-anak sangat antusias mengikuti arahan dan penjelasan dari tim pendamping dari TSP Jakenan.

Sama halnya dengan kunjungan anak-anak TK sebelumnya, kawasan favorit di TSP Jakenan adalah kawasan SITT. Di lokasi tersebut, anak-anak sangat gembira memberi makan sapi dengan hijauan rumput gajah dan jerami. Sesekali mereka menirukan suara sapi, kambing, dan bebek yang ada di kawasan tersebut. (Admin Balingtan)