Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Menyulap Lahan Bekas Tambang

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Tanah bekas tambang menjadi hal yang krusial karena adanya logam berat yang terkandung di dalamnya. Namun pencetakan dan pengelolaan sawah pada lahan bekas tambang timah di Belitung Timur,dapat dijadikan contoh yang perlu di kembangkan sebagai model inovasi teknologi pemulihan lahan bekas tambang timah untuk tujuan pertanian. Hal itu bisa memberikan dampak nyata terhadap pemenuhan kebutuhan pangan dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

Pada dasarnya pertanian disini Komoditas unggulannya adalah sawit, karet, dan lada.. Tahun 90-an berkembang tanaman padi di desa gantong. ‘’Warga desa kebanyakan bekerja sebagai penambang timah, kemudian beralih ke pertanian, ‘’ ujar Sudrajat, penyuluh pertanian, Rabu (16/2).

 Kepala Kebun Percobaan  Dedy Rusmawan mengatakan bahwa lahan sawah diwilayah Belitung ada 2.400  ha.  Benih Sumber Beras kelas super dari BB Padi. “Selain padi juga ditanam komoditas lain seperti jagung dan kacang hijau,” ungkapnya Dedy.

Untuk pendekatan terhadap masyarakat, jarwo super ke bahan organik dan perlakuan terhadap benih. Tidak mudah mengubah Pola masyarakat yang dulu sukanya bertambang, sekarang menjadi bertani. Bangga Menjadi Petani adalah slogan yang membuat masyarakat Belitung menjadi bersemangat untuk bertani.

Kepala Desa (Kades) gantung, kec. Gantung, Kab Belitung timur Iswadi Usman. Program dengan visi misi desa adalah pengembangan pertanian dalam komoditas pangan. Kerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bangka Belitung. Kementerian Pertanian bahkan Presiden bisa dibawa serta meninjau upaya strategis tersebut. Jika ini dikembangkan, ia sangat yakin akan semakin menambah cadangan lahan produktif di Indonesia dan tujuannya adalah menuju kepada kedaulatan pangan. (Admin Balingtan)