Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan dengan Menanam Cabai

Penilaian: 5 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Gerakan tanam (gertam) cabai telah menjadi program nasional yang memperoleh perhatian masyarakat. Balai Penelitian Lingkungan Pertanian memprakarsai gertam cabai melalui penyerahan bibit cabai di wilayah Kecamatan Jaken dan Jakenan, Kabupaten Pati.

Bibit yang diberikan cabai rawit varietas Prima Agrihorti adalah bibit unggul Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) sejumlah 8000 bibit, pupuk urea biochar 1 kg sejumlah 100 buah, biokompos 1 kg sebanyak 100 buah. Dimemeriahkan juga dengan Inovasi Teknologi Balingtan seperti Urea berlapis Arang Aktif (UAA), Filter Inlet Outlet (FIO), dan Alat Multimeter Digital (AMD).

Sasaran dari kegiatan tersebut adalah Ibu-ibu anggota Dharma Wanita Persatuan, Persit Candra Kirana Koramil, Bhayangkari Kecamatan Jaken dan Jakenan serta Ibu-ibu penggerak tim PKK di empat desa sekitar Balingtan, yaitu Desa Sidomukti, Desa Lundo, Desa Mojoluhur dan Desa Tegalarum.

Dalam sambutannya, Bapak Kepala Balingtan menyampaikan bahwa ibu-ibu mempunyai peran yang sangat strategis dalam mensukseskan gerakan tanam cabai karena kebutuhan dapur tidak terlepas dari cabai. Lebih dari 60 juta penduduk Indonesia adalah ibu-ibu yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

Acara dihadiri oleh Muspika Kecamatan Jaken dan Jakenan (Camat, Koramil dan Polsek). Dalam sambutannya, Bapak Camat Jaken memberikan dukungan sepenuhnya untuk gerakan tanam cabai dan dukungan kepada Balingtan sebagai wahana edukasi bagi penduduk sekitar terhadap ilmu-ilmu pertanian dan lingkungan. Camat Jaken memotivasi ibu-ibu tanam cabai, katanya “ Tanam cabai rawit menguntungkan, sekali tanam, panen berkali-kali, keuntungan berlipat”.

Komandan Rayon Militer (Danramil) kedua Kecamatan juga berkesempatan untuk memberikan sambutan dalam acara tersebut. Dengan antusias, Bapak Danramil Kecamatan Jaken menekankan bahwa bela negara tidak hanya maju perang saja, tetapi tanam cabai merupakan bagian bela negara dalam mewujudkan ketahanan pangan bagi rakyat.

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa salah satu kegiatan menghijaukan bumi pertiwi dan mengurangi beban rakyat dengan tanam dan memanen cabai sendiri. Selain itu menghijaukan lahan yang kosong dan terlantar serta pekarangan sekitar kita merupakan kewajiban kita semua.  

Sinergi yang harmonis antara Balingtan dan Muspika kedua Kecamatan diharapkan dapat menjadi jembatan dalam mensejahterakan masyarakat dan turut membangun bangsa dan negara. (Admin Balingtan)