Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Belajar Pertanian Ramah Lingkungan sejak Usia Dini

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Mengenalkan dunia pertanian pada anak-anak usia dini, kelak akan memperkokoh kecintaan terhadap budidaya dan manfaat hasil pertanian dan peternakan. Peribahasa jika air keruh di hulu sampai ke muara keruh jua dapat dihindari, misalnya dengan memberi motivasi anak-anak untuk meningkatkan pengetahuan tentang bagaimana pertanian memberikan manfaat bagi manusia.

Sebanyak 40 anak dari PAUD Bintang Kecil, Margorejo, Pati melakukan kunjungan di Pada hari Balai Penelitian Lingkungan Pertanian yang didampingi oleh staff pengajar dan orangtua anak. Anak-anak sangat riang jalan-jalan berkeliling dan melihat aneka tanaman seperti jagung yang menguning, kacang panjang, terong, cabai, pepaya, sirsak, sawo, buah naga, jambu biji, jeruk, serta ternak itik, ayam, kambing, dan sapi. Anak-anak diperkenalkan proses dihasilkannya beras dari tanaman padi, dimasak menjadi nasi. Saat ditanya pemandu, apa cita-citanya nanti kalau sudah besar, salah satu dari anak ada yang menjawab pingin menjadi petani.

Dengan dimotivasi oleh pemandu, anak-anak diajak agar belajar yang rajin agar menjadi petani pintar, yaitu petani handal yang mampu menggunakan teknologi pertanian dalam mengelola lahan pertaniannya, dengan hasil produksi tinggi dan efisien biaya dan waktu bekerja.

Dengan memperkenalkan langsung di lahan pertanian, diharapkan anak usia dini mampu mengenal lingkungan pertanian semenjak dini, sehingga menumbuhkan kecintaan terhadap kegiatan pertanian serta pemanfaatan hasil-hasil pertanian. (Admin Balingtan)