Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Edukasi Lingkungan Pertanian bagi Siswa

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Sebanyak 78 siswa dan 6 staf pengajar dari SD Negeri Raci 02, Batangan, Pati berkunjung ke Balai Penelitian Lingkungan Pertanian. Inisiasi kunjungan ini bertujuan untuk memberikan edukasi lingkungan hidup bagi siswa kelas 4, 5, dan 6, seperti peran lingkungan dalam memberikan manfaat bagi manusia dan makhluk hidup di sekitarnya. Spesifikasi pada lingkungan pertanian memberikan gambaran kepada siswa tentang tujuan budidaya pertanian dan pengelolaan pertanian sebagai sumber pangan untuk memenuhi kebutuhan / kelangsungan hidup manusia.

Di Balai Penelitian Lingkungan pertanian para siswa diperkenalkan pada sistem pertanian yang ramah lingkungan, dengan meminimalkan penggunaan pupuk dan pestisida kimia; penggunaan pupuk organik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman; dan penggunaan biopestisida untuk mengendalikan serangan hama dan penyakit.

Hasil produk pertanian dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok makanan, sedangkan  limbah hasil pertanian dikembalikan ke tanah dalam bentuk pupuk organik. Selain itu hasil sampingan seperti jerami padi dan tebon jagung dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak, dan kotoran ternak dikembalikan ke dalam tanah sebagai pupuk. Sistem pertanian ramah lingkungan ini akan berulang sehingga tidak ada hasil yang terbuang. Dengan kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian siswa pada kelestarian lingkungan hidup. (Admin Balingtan)