Selamat Datang di Situs Resmi Balai Penelitian Lingkungan Pertanian .::. Pusat Teknologi Unggulan Lahan Tadah Hujan Ramah Lingkungan .::.

Edukasi Pertanian dengan Bertanam Cabai

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Berita Balingtan - Sebanyak 94 peserta didik kelas V dan 8 staf pengajar dari SDIT Umar Bin Khatab Juwana, Pati berkunjung ke Balai Penelitian Lingkungan Pertanian. Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk memperkenalkan peserta didik khususnya kelas V secara nyata pada objek pembelajaran di bidang pertanian. Para siswa secara spesifik ingin belajar mengenai teknik budidaya tanaman sayuran terutama cabai, mulai dari pra-tanam, tanam hingga panen.

Dalam kunjungannya di Balingtan, para siswa terlebih dahulu diperkenalkan pada sistem pertanian yang ramah lingkungan,teknik budidaya tanaman cabai, dan gambaran umum Balingtan dengan tugas pokoknya.

Para siswa diajak berkeliling melihat berbagai jenis tanaman yang ada di Balingtan dan berbagai teknologi yang diterapkannya. Teknologi biopori dan perangkap hama dengan menggunakan feromon menarik minat sebagian siswa. Mereka sangat antusias menanyakan berbagai hal terkait teknologi tersebut.

Setelah berkeliling, para siswa melakukan praktik tanam cabai di lokasi Kebun Percobaan. Sebelum menanam, mereka diberikan penjelasan tentang teknik bertanam cabai yang tepat. Para siswa merasa senang bisa turun langsung menanam cabai. Mereka juga lebih aktif bertanya terkait budidaya cabai, seperti pupuk dan cara memupuk, pemilihan bibit yang baik, dan pemanenan. Dari kunjungan ini diharapkan generasi muda ini mulai belajar mengenal dan mencintai lingkungan sekitar mereka. (Admin Balingtan)